Personil Polsek Kempo Kawal Vaksinasi Hewan di Tolokalo

jpn

Bimantika.net -Personil Polsek Kempo Bripka Mahsup selaku Bhabinkamtibmas Desa Tolokalo sukses mengawal pelaksanaan Vaksinasi Rabies.

Vaksinasi Rabies tersebut digelar Tim Nakes UPTD Peternakan di Desa Tolokalo, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, Rabu (10/5/2023) kemarin sekira pukul 11.00 Wita.

Pengawalan vaksinasi itu sendiri menargetkan sejumlah hewan terutama anjing yang terindikasi rabies dengan menyuntikkan obat-obatan (Vaksin,red) tertentu.

Pengawalan yang dilakukan anak buahnya, Kapolsek Kempo, Ipda Akhmad Marzuki dalam keterangannya menyebutkan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi pihak kepolisian menyangkut ancaman dan gangguan social di tengah masyarakat.

“Bripka Mahsup mendapat perintah langsung dari Polsek selaku Bhabinkamtibmas untuk mengawal jalannya kegiatan,” ungkap Kapolsek.

Pada pelaksanaanya, Kegiatan Vaksinasi dilakukan oleh Tim Nakes UPTD Peternakan Kempo dibawah komando Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Dompu didampingi Kepala Bidang Budidaya Kabupaten Dompu, Sukaemi.

“Hasilnya, puluhan anjing mendapat suntikan Vaksin PMK yakni Aftogen Oleo dan vaksin Rabies yaitu Neo Rabivet,” imbuhnya.

Terkait ancaman penyakit tersebut, Kapolsek menghimbau terutama warga yang memelihara hewan baik sapi, babi maupun ternak jinak lainnya, agar memperhatikan kesehatan lingkungan serta jenis makanan yang dikonsumsi.

Menurut Kapolsek, hal itu penting agar terhindar dari penyakit Mulut dan Kuku yang berakibat buruk pada warga apabila terjadi kontaminasi. Demikian halnya pada anjing yang saat ini banyak dijumpai kasus yang menyerang manusia.

“terutama anak-anak yang banyak jadi sasaran,” ingatnya.

Kapolsek juga meminta agar Personil Polsek di Desa, dalam hal ini Bhabinkamtibmas agar intens membangun komunikasi serta koordinasi dengan pihak terkait terutama Pemerintah Desa serta Tokoh-tokoh masyarakat agar serius member atensi terhadap hal ini.

Kegiatan pengawalan vaksinasi di Desa Tolokalo berlangsung lancer dan kondusif dan berakhir pada pukul 13.00 waktu setempat. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *