Walikota HML Tunaikan Kebutuhan Warga, Fasum Matakando & Wangge Terwujud

Bimantika.net _ Program Pro Rakyat Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) selama menjadi Walikota Bima kini dinikmati oleh Warga masyarakat secara luas.

Satu lagi janji politik walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) ditunaikan Dinas Perkim Kota Bima. Jumat 18/11/2022.

Dua lokasi sekaligus yaitu Pembelian lahan fasilitas Umum (Fasum) atau lapangan olahraga di Kelurahan Matakando dan Lahan Kuburan di Wangge Kelurahan Oi Fo’o.

Menurut Kabid Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Dinas Perkim Kota Bima, A.Haris Dinata, SE, M. Si Fasilitas olah raga dan Kuburan Wangge ini merupkan usulan atau permohonan warga yang begitu dibutuhkan.

Tanah lapangan olahraga di Matakaando itu secara esisting telah digunakan oleh warga utuk lapangan volley dan dipinjamkan oleh pemilik lahan selama ini.

“Namun sekarang Alhamdulillah sudah dibayarkan oleh pemerintah” Ujarnya.

Sementara Di Wangge menurut Haris juga bebaskan lahan untuk kuburan. Kuburan di Wangge itu sangat berarti bagi warga di sana sebab selama ini warga tidak memiliki lahan kuburan.

“Warga selama ini kubur jenazah di halaman atau di kebun masing-masing. Pas kita survey lokasi itu sangat terharu ketikan mengetahui warga tidak memiliki lahan kuburan hal itulah yang membuat pemerintah melakukan pembelian lahan itu” ungkap Haris.

Lanjut Haris, sebelumnya waga juga melaporkan kepada ketua PKK yang berkunjung Wangge, ketua PKK juga Berkoordinasi dengan Perkim.

Tak terkecuali Warga juga meminta pada Walikota dan ketua DPRD pun sekaligus. Perjuangan panjang warga membuahkan hasil.

“Akhirnya Pak Wali dan ketua DPRD mendesak kami Perkim untuk segera membeli lahan untuk kuburan Wangge” ungkapnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Drs. H. Adisan Sahidu menyampaikan terima kasih kepada pemilik lahan yang bersedia melepaskan lahan kepada Pemerintah dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

Baik di Wangge maupun di Matakando Pemerintah atau Panitia mampu melakukan negosiasi dibawah harga appraisal.

“Artinya tim berhasil menghemat uang Negara yang lumayan” ungkap H. Adisan.

Dalam rapat itu seluruh tim hadir mulai dari ketua Tim Drs. H. Adisan Sahidu, Sekretaris Tim Kabid Perkim dan Pertanahan yang pimpin Negosiasi A. Haris Dinata, M.Si. Asisten Pemrintahan, Politik dan Kesmas Drs. H.Abdul Gawis, Kabag Hukum, Camat RasanaE Timur dan Camat Mpunda, dan Perwakilan BPN serta lurah masing-masing.

Asisten Pemerintahan, Politik dan Kesejahteraan Masyarakat, Drs. H.A.Gawis menyatakan atas nama Walikota Bima menyampaikan apresiasi kepada panitia terutama perkim telah menunaikan agenda dan janji walikota di bidang pertanahan.

Begitu juga kepda pemilik lahan disampaikan terima kasih telah melepaskan lahannya untuk kebutuhan warga baik di matakando maupun di Wangge Oi Fo’o. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *