Cita-cita Luhur Walikota HML Wujudkan Smart City, Pemkot Bima Gelar Bimtek Website Admin Sekolah Tingkat SD dan SMP

Bimantika.net _Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) memiliki cita-cita luhur dalam mewujudkan Smart city.

Dalam ide dan Gagasannya, Walikota HML membangun Command Center yang menjdi pusat data sekaligus pusat peradaban teknologi di bidang Teknologi Informatika.

“Kita harus sadar bahwa era saat ini adalah era digitalisasi, maka tantangan itu kita tentu harus menjawab dengan penguasaan teknologi Informatika dan seluruh perangkatnya” ujar Walikota HML saat di wawancara media online Bimantika Jum’at 18 November 2022.

Atas ide dan gagasan tersebut, organisasi perangkat Daerah (OPD) dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfostik) Kota Bima memfollow up nya dengan selalu membenahi dan melengkapi perangkat yang serba Digital tersebut.

Melalui Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dinas Kominfostik Kota Bima menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Website Sekolah tingkat SD dan SMP se Kota Bima yang berjumlah 82 sekolah.

Bimtek Pengelolaan website yang melibatkan sejumlah operator atau admin pada sekolah tersebut bertujuan agar seluruh admin website di masing-masing sekolah mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam pengelolaan website sekolah.

Kepala Bidang TIK Fadil, S.STP mengatakan, keberadaan website sekolah sangat penting untuk meningkatkan pelayanan kepada lembaga pendidikan.

“Dengan adanya website sekolah ini nantinya bisa meningkatkan sajian informasi dari masing-masing sekolah sehingga masyarakat Kota Bima pada umumnya, dan para orang tua dari peserta didik ini bisa mengetahui informasi-informasi terbaru dari sekolah tersebut” ungkap Fadil.

Sementara itu Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima Muhammad Humaidin, S. Pd, M.Pd menyampaikan agar semua sekolah segera memulai mengelola website tersebut,

Menurutnya sangat urgen seluruh sekolah mengelola Website yang berdampak pada mampu memberikan informasi-informasi terkait dengan program dan kegiatan yang ada di sekolah tersebut.

Pihaknya akan memberikan apresiasi kepada sekolah-sekolah yang melakukan pengelolaan website dengan baik dan konsisten demi kemajuan dunia Pendidikan Kota Bima.

“Tujuannya adalah untuk memotivasi seluruh sekolah agar bisa mendokumentasikan seluruh kegiatan sekolah melalui website yang sudah tersedia,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kominfostik Kota Bima Drs. H. Mahfud, M.Pd mengatakan pelaksanaan bimbingan teknis bagi admin yang mengelola website sekolah diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan website sebagai bentuk pihaknya mewujudkan smart city di Kota Bima.

“Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai infrastruktur penting abad ini sangatlah penting dan urgen” ujarnya.

Mahfud menjelaskan bahwa pada tahun 2023 mendatang keinginan besar Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) mewujudkan Kota Bima Smart City dengan memasang wifi gratis di seluruh RW se Kota Bima,

“Atas cita-cita besar Pak Walikota itu
Maka kami pun menindaklanjutinya sebagai bentuk hadirnya pemerintah dalam penguasaan Teknologi Informatika bagi generasi yang akan datang” ungkap Mahfud.

Salah seorang admin website SMPN 12 Kota Bima, Mr. Yats, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Bima, lebih khusus Dinas Kominfo Kota Bima, serta Dinas Dikbud Kota Bima karena sudah menfasilitasi Pengelolaan Website Sekolah.

Bimbingan teknis yang mulai dilaksanakan pada hari 8 November 2022 hingga Jum’at 18 November 2022 tersebut berjalan sukses dan lancar tanpa ada hambatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Command Center Kota Bima tersebut di koordinir oleh pejabat fungsional pranata komputer Bidang TIK Endang Sri Sumanti, ST, M.Eng beserta tim.

Menurut Endang bahwa kegiatan ini bentuk tindak lanjut dari perintah Walikota Bima menuju Kota Bima yang Smart City.

“Penguasaan teknologi Informatika di era Digitalisasi adalah sarat utama agar tidak mengalami ketertinggalan” ujar Endang. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *