Walikota HML ; “Tangani Stunting Harus Terintegrasi Menuju Kota Bima Yang Maju”

Bimantika.net _Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) memiliki pandangan yang sangat komprehensif terkait dengan penanganan Stunting di Kota Bima.

Hal ini Terungkap saat Meeting Zoom dengan pihak Kementrian PAN dan RB Republik Indonesia beberapa hari lalu dalam presentasinya Kota Bima menuju TOP 99.

Walikota HML menyampaikan beberapa pointer penting dalam pertemuan Meeting Zoom tersebut dihadapan para Tim Panel Independen KIPP 2022.

Walikota HML menyampaikan bahwa Penguatan Integrasi Peningkatan Ketahanan Pangan dan Gizi dengan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting adalah langkah yang harus dilakukan.

Menurut HML mantan Anggota DPR RI Dua Periode Fraksi Partai Golkar ini bahwa sesungguhnya Permasalahan stunting merupakan masalah serius dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia, khususnya di Kota Bima.

“Tantangan ini harus diatasi dengan baik agar generasi masa depan Indonesia bisa menjadi generasi yang unggul, berdaya saing, dan berkualitas. Adanya pandemi Covid-19, dimana terjadi pembatasan mobilitas dan perlambatan ekonomi yang menyebabkan berkurangnya akses terhadap pangan berrgizi seimbang dan aman dapat berpotensi memperburuk permasalahan stunting” ujar Walikota HML.

Untuk itu, Walikota HML pertegas komitmen dalam penanganan stunting di tengah pandemi Covid-19 tetap perlu diprioritaskan, dan disertai dengan adanya Pakta Integritas antar organisasi perangkat daerah (OPD) sehingga memunculkan team work yang handal.

Pentingnya penanganan Stunting secara terintegrasi menurut Walikota HML yang fi konfirmasi media Online Bimantika 10 Juli 2022 karena Penyebab stunting berakar dalam berbagai sektor.

“Sehingga percepatan penurunan prevalensi stunting tidak dapat dilakukan secara parsial. Perlu pendekatan lintas sektor dan pengintegrasian kegiatan untuk mengatasi masalah secara komprehensif. sinergitas lintas sektor diperlukan untuk membangun komitmen bersama dalam mendukung percepatan penurunan prevalensi stunting” ujar Walikota HML.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *