Walikota HML Pola Kemanusiaan Pembongkaran Rumah Warga Relokasi

Bimantika.net _Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) dalam mensukseskan pembongkaran rumah warga relokasi sungai Padolo menggunakan Pola Kemanusiaan dan Pendekatan dari hati ke hati dengan warga sehingga berjalan sukses.

Atas pola dan pendekatan yang humanis dari sosok Walikota Bima tersebut hingga hari ini Selasa 15 November 2022 berjalan lancar tanpa ada hambatan apapun.

Walikota HML di hari pertama pembongkaran rumah warga relokasi langsung bertatap muka dengan warga masyarakatnya sehingga warga pun ada yang rela membongkar rumahnya secara mandiri tanpa menggunakan alat berat.

“Tujuan kita jelas untuk keselamatan warga bantaran sungai, tujuan kita tentu meminimalisir terjadinya banjir di Kota Bima sehingga perlu penataan sungai ini demi kepentingan besama dimasa yang akan datang” ujar Walikota HML.

Walikota HML benar-benar memikirkan kemaslahatan warga masyarakatnya yang tinggal di bantaran sungai sehingga dalam melakukan penataan sungai inipun mengambil langkah yang sangat demokratis menentukan lebar bibir sungai hanya 5 meter.

“Keputusan itu tentu sangatlah manusiawi untuk kebaikan bersama dimasa-masa yang akan datang” tegas Walikota HML saat di wawancara Media Online Bimantika.

Penanggulangan banjir melalui normalisasi sungai secara besar-besaran ini adalah janji Politik Walikota HML semenjak kampanye Pilkada 2018 Silam karena Kondisi warga Kota Bima yang trauma dengan banjir bandang di Kota Bima 2016 lalu.

“Banjir itu membuat trauma warga masyarakat secara luas sehingga saya harus wujudkan kenyamanan warga Kota Bima dari rasa trauma akibat banjir” ungkap Walikota HML.

Dalam memberikan pemahaman kepada warga masyarakat, Walikota HML tidak ingin menggunakan “tangan besi” melainkan dengan pola dan gaya serta strategis yang humanis.

“Warga tidak boleh diperlakukan dengan kasar, justru kita wajib melindungi mereka, insya Allah suksesnya Normalisasi sungai ini akan berdampak positif bagi warga bantaran sungai khususnya dan warga Kota Bima umumnya” demikian ujar Walikota HML melalui Saluran WhatsAppnya selasa 15 November 2022. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *