Pembongkaran Rumah Warga Relokasi Berjalan Lancar

Bimantika.net _Dalam rangka penanggulangan banjir di Kota Bima, Pemerintah Kota Bima dibawah kendali Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) melakukan upaya dan ikhtiar normalisasi sungai.

Dalam normalisasi sungai tersebut bangunan milik warga yang ada dibantaran sungai pun di bongkar, baik dibongkar secara mandiri oleh pemilik rumah mauoun pembongkaran dengan menggunakan alat berat.

Pemerintah Kota Bima menetapkan bahwa jarak lima meter dari bibir sungai tidak boleh ada bangunan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima Nazamuddin, S. Sos mengemukakan bahwa sampai dengan hari ini Selasa 15 November 2022 prosesi pembongkaran rumah warga berjalan lancar.

Menurutnya Kebijakan Standar Sesuai Dengan Amanat UU Dan Nilai” Kemanusiaan Tetap Di Kedepankan Antara Lain :

Seluruh Warga Bantaran Sungai Di Berikan Ruang Untuk Bongkar Mandiri Untuk Pemanfaatan Material Sisa Bongkaran Seperti Kayu Seng dan lainnya.

“untuk Warga Bantaran Yang Rumahnya Terbongkar Namun Tidak Mendapatkan Rumah Relokasi Akan Mendapatkan Tali Asih Di Awali Dengan Apresal Dan Perhitungan Dari Tim Pemkot” ungkapnya.

Ia Menjelaskan bahwa Untuk Warga Yang Terimbas Pengosongan Lahan Tampa Ada Bangunan Maka Pemkot Tidak Memberikan Ganti Rugi

“Jarak Bibir Sungai Dan Sepadan Telah Di Sepakati 5 Meter” kata Nazamuddin.

Masih menurutnya bahwa Kordinasi Lintas Sektor Mulai Dari RT, RW, LPM, Karang Taruna, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah Dan OPD secara Masif dilakukan.

Dirinya mengaku bahwa Evaluasi Tehnis Dan Kendala Update Setiap Waktu Pada unsur

“Selesai pengosongan dan pembongkaran Persiapan Mobilisasi Warga Menuju Perumahan Kadole,Oi Fo’o Dalam Koordinasi Dan Alhamdulillah Sampai Saat Ini Belum Ada Kendala
Salam Tangguh” demikian ujar Nazamuddin. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *