Sukseskan Operasi Ketupat Rinjani 2023, Polres Dompu Apel Gelar Pasukan di Lapangan Beringin

jpn

Bimantika.net -Bertempat di Lapangan Beringin Pemda Dompu Polres Dompu laksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Rinjani 2023, Senin tanggal 17 April 2023 sekitar pukul 08.00 wita.

Apel dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H, tahun 2023 ini berlangsung cukup khidmat dengan mengangkat tema “Mudik Aman Berkesan” serta dipimpin langsung oleh Bupati Dompu H. Kader Jaelani.

Tampak Hadir saat apel berlangsung antara lain Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, S.T., M.T., Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S.I.K. Dandim 1614 Dompu, Letkol Inf. M. Taufik, S.Sos., Sekda Dompu Gatot Perantauan Putra, S.Km., M.Kes, serta sejumlah PJU Polres Dompu.

Sementara susunan pasukan Apel terdiri dari, 1 Pleton TNI, 1 Pleton BRIMOB, 1 Pleton Sat Samapta, 1 Pleton Lantas, 1 Pleton gabungan Reskrim, Sat Intel dan Sat Narkoba, 1 Pleton Pol PP, 1 Pleton Dinas Perhubungan, 1 Pleton Senkom, 1 Pleton Orari terkahir satu Pleton Dinas Kesehatan.

Dalam amanatnya, Bupati H. Kader Jaelani selaku pimpinan apel mengemukakan bahwa Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2023.

Disampaikan pula bahwa kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan Stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya idul fitri 1444 H.

Bupati menghimbau, demi kelancaran arus mudik dan balik maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang, terdapat klasifikasi angkutan yang yang masih diijinkan beroperasi seperti kendaraan pengangkut BBM, Pengantaran uang, hewan ternak, pupuk dan bapokting.

“Pastikan kendaraan tersebut dilengkapi surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri sehingga memudahkan proses pemeriksaan,” tuturnya.

Lanjutnya, di samping menjamin kamseltibcal lantas, kita juga harus menjaga situasi kamtibmas melalui kegiatan seperti patroli pada jam – jam rawan untuk mengantisipasi tindak pidana khususnya rumah yang ditinggal mudik, selain itu hadirkan pula personil berseragam di tempat ibadah terutama pada saat shalat Idul Fitri melibatkan personel TNI – POLRI.

Bupati juga meminta, agar seluruh jajaran petugas dapat melaksanakan tugas dengan sungguh – sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan.

“Kedepankan langkah – langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP agar memberikan pelayanan terbaik,” pinta Bupati.

Sementara itu, Kapolres Dompu, Iwan Hidayat, S.I.K., meminta pada seluruh petugas dapat memastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu.

“Juga berbagai langkah – langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus di terapkan pada arus balik,” imbuh Kapolres.

Kapolres mengingatkan agar semua pihak dapat memastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat.

“Perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait,” harap Kapolres.

Usai pelaksanaan serangkaian Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan jelang Hari Raya Idul Fitri, 1444 H., Kegiatan berakhir pukul 09.00 wita berjalan dengan aman dan terkendali. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *