SD 19 Kota Bima Gelar Khataman Al Qur’an dan Wisuda

Bimantika.net _Selasa 21 Juni 2022 SDN 19 Kota Bima yang berlokasi di Rabangodu Utara menggelar Khataman Al Qur’an dan wisuda siswa-siswi Kelas VI.

Kegiatan itu bertema sentralkan Menuju generasi Emas yang berbudaya dan berakhlak kharimah. Sekaligus acara Pelepasan siswa Kelas VI sebanyak 100 orang.

Jufran, S. Pd selaku Ketua Panitia wisuda dan Khataman Al Qur’an Tahun 2022 ini melaporkan, kegiatan ini berkat atas kerjasama dari wali murid dengan dewan guru sekolah.

“Bantuan ini murni dari sumbangan seluruh wali murid, 100 siswa yang terdiri dari 41 orang laki-laki dan 59 orang perempuan. Sedangkan pada khataman Al Qur’an diikuti oleh 98 orang saja yang terdiri dari 40 laki-laki dan 58 orang perempuan” ujarnya.

Dari 100 siswa tersebut, hanya dua orang yang tidak ikut khataman Al Qur’an karena 2 siswa lainnya ini beragama lain (non muslim).

Kepala SDN 19 Rabangodu Utara, Hely Refliyani, S. Pd atau yang akrab disapa Mama Lies menyampaikan bahwa jumlah siswa SDN 19 Kota Bima 553 siswa, 18 guru (bersertifikasi), 3 guru PNS belum bersertifikasi, 3 guru P3K.

“Jumlah guru sebanyak 28 orang. Dalam satu tahun terkahir pada ISOC juara 1 pada Mapel Matematika juara 1 dan juara 2, ISOC Mapel Pendidikan Agama juara 1, lomba Taekwondo juara 1 Tingkat Provinsi NTB, drumband juara harapan 1, lomba kasida juara III Tingkat SDN/MI Senin (20/06/2022) di Gedung Seni Budaya Kota Bima” ungkap Mama Lies.

Ia pun memberi ucaoan Selamat kepada seluruh siswa Kelas VI yang sudah lulus 100 porsen. Dan menurutnya kewajiban pihaknya melepas Siswa yang Lulus menuju jenjang selanjutnya.

“Semoga dengan ilmu yang kalian terima di sekolah ini bisa menjadi bekal nanti. Pasti kalian saat ini akan memiliki sekolah SMP/MTs yang favorit, ingat-lah nama baik sekolah ini, pelihara kesopanan pada masyarakat luas, jangan lupa sholat 5 waktu dan doa, selamat berjuang anak-anakku,” demikian pesan Mama Lies.

Ketua Komite SDN 19 Rabangodu Utara M.Tahir, M. Pd ucapkan rasa terimakasihnya pada jajaran SDN 19 Kota Bima.

“Kegiatan ini merupakan atas dukungan wali murid, semoga peran serta semua stake holder dalam memajukan dunia pendidikan kami ucapkan terima kasih” ujarnya.

Lanjutnya, prestasi akademik dan prestasi non akademik harus, karena banyak siswa kita yang memiliki bakat, minat dan hobinya untuk dikembangkan. Jadi kesuksesan siswa ini dapat diraih setelah menggabungkan prestasi akademik dan prestasi non akademik.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima Drs. Taufikurrahman, M. AP, ajak semua pihak khususnya Guru dan Orang Tua Siswa untuk senantiasa membimbing anak-anak sehingga menjadi generasi handal yang berguna bagi dirinya, keluarga Bangsa dan Negara lebih-lebih Agama.

“Mari kita bimbing anak kita sesuai bakat dan minatnya tidak boleh kehendak terhadap anak itu sendiri, ini masa transisi bapak/ibu wali murid, beri mereka kebebasan dalam pengertian kebebasan yang positif untuk masa depannya” ungkapnya.

Usai pelaksanaan khataman Al Qur’an bagi 98 orang tersebut, dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama 10 besar (peraih nilai rata-rata tertinggi) sbb :

  1. Nur Fauziah – dengan nilai 96,0
  2. Putri Athira – dengan nilai 95,9
  3. Thifal Mahira – dengan nilai 95,8
  4. M. Athallah Putra Bimantara – dengan nilai 59,5
  5. Croirun Islah – dengan nilai 95,4
  6. Khansa – dengan nilai 94,9
  7. Jannah – dengan nilai 94,2
  8. Amalia Aira Salshabilla – dengan nilai 93,6
  9. Muhammad Rasyad – dengan nilai 93,6
  10. Hanifatun Ramdanil Najwa – dengan nilai 93,5. (***)
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *