Aplikasi Saninu Pengembangan E-Lapor, Kota Bima Maju dan Setara

Bimantika.net _Aplikasi Saninu merupakan pengembangan dari aplikasi E-lapor Kota Bima.

Kabid TIK Dinas Kominfostik Kota Bima, Fadhil, S. STP saat diwawancara media online Bimantika Selasa 21 Juni 2022 menyebutkan ada pengembangan Aplikasi E-Lapor tersebut.

Menurut Fadhil bahwa aplikasi Saninu merupakan kanal pengaduan resmi pemerintah kota bima.

Untuk user dari aplikasi ini di peruntukkan untuk Para Ketua RT dan RW sekota bima., dan lurah sekota bima.

Dalam artian hanya laporan dari ketua RT RW dan lurah yang akan menjadi prioritas untuk di teruskan oleh operator command center ke perangkat daerah yg di tuju dalam laporan.

“Untuk masyarakat kota bima silahkan mendownload aplikasi ini untuk memantau apakah aduan yang mereka sampaikan melalui ketua RT setempat sudah di sampaikan oleh RT melalui aplikasi Saninu ini” Jelasnya.

Lanjut Fadhil bagi ketua RT ataupun masyarakat yang sudah menginstal aplikasi E-lapor kota bima kemaren tinggal masuk ke playstore dan aplikasi nya di update sehingga berubah nama menjadi Saninu kota bima.

“Saninu merupakan kepanjangan dari “siaga responsif dan pelayanan umum”. Urainya.

Fadhil pun membeberkan Ada beberapa fitur yang di tambahkan di aplikasi Saninu.

“Fitur tambahannya adalah menu CCTV yang di beberapa titik di kota bima” ujar Fadhil.

Jadi menurutnya cukup dengan membuka aplikasi Saninu di HP android kita sudah bisa membuka cctv yang ada di beberapa titik di kota bima.

“Kalau kemarin untuk membuka cctv msh menggunakan browser di HP, Kemudian menu statistik laporan., menu ini menyajikan data laporan yang masuk yang sudah di disposisi dan yang sudah di selesaikan oleh Perangkat daerah yang masuk di command center kota bima” demikian ujar Fadhil.

Diujung wawancaranya Fadhil ungkapkan bahwa ini adalah rapot baik bagi perangkat daerah.

Dan Mulai minggu ini Dinas Kominfostik Kota Bima melalui Bidang TIK turun langsung ke seluruh kelurahan mensosialisasikan kembali fungsi dari aplikasi Saninu ini. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *