Program PLAKAT Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, Kreasi Positif

jpn

Bimantika.net -“Yang ditunjukan adalah FAKTA bukan sekedar KATA, yang
diwujudkan adalah KENYATAAN bukan sekedar PERNYATAAN, yang diperlihatkan adalah REALISASI bukan sekedar RENCANA” Penggalan kalimat di atas adalah pernyataan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima Ichwanul Muslimin, SP, MM dalam acara ekspose program PLAKAT.

Sebuah kenyataan yang pada Saat ini, sebagian besar halaman kantor yang tersedia di Kota Bima tidak produktif.

Program Pemanfaatan Halaman Kantor (PLAKAT) mengajak seluruh pegawai pemerintah Kota Bima untuk
mengambil inisiatif memanfaatkan halaman kosong di kantor menjadi tempat budidaya komoditi pertanian bernilai ekonomi.

Program pemanfaatan halaman kantor dengan akronim “PLAKAT” merupakan inisiatif mandiri dan tindakan proaktif yang dilakukan oleh Kadis Ketahan Pangan Kota Bima Ichwanul
Muslimin, SP, MM dengan mengembangkan beberapa komoditi pertanian bernilai ekonomi
tinggi.

Tujuannya untuk memanfaatkan ruang terbuka di sekitar area kantor untuk kegiatan pertanian yang produktif guna meningkatkan kualitas hidup dan ketahanan pangan di wilayah Kota Bima.

Menurut Iwan Sapaan akrab Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima bahwa Inisiatif ini mencerminkan komitmen untuk mencari solusi kreatif, berkelanjutan dan menjadi role model dalam mengatasi permasalahan pangan.

Lanjutnya, Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan keberlanjutan lingkungan,
mempromosikan gaya hidup sehat, dan
menghasilkan beberapa produk pertanian yang dapat digunakan atau dibagikan kepada pegawai.

“Program ini tidak hanya dapat meningkatkan kesadaran lingkungan di kantor, tetapi juga memberikan manfaat langsung seperti makanan segar, lingkungan yang lebih hijau, dan aktivitas
kebersamaan yang dapat mempererat hubungan antara pegawai” ujar Iwan.

Masih menurut Iwan Dengan perencanaan dan perawatan yang baik, program ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk memanfaatkan ruang terbuka di sekitar kantor untuk kebaikan bersama.

Iwan membeberkan bahwa Dalam pelaksanaan program PLAKAT melibatkan semua pegawai yang ada di Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, bahu membahu bekerjasama, berkontribusi tenaga dan material. Semua pegawai sebagai pelaksana utama program, bertanggung jawab untuk menanam, merawat, dan memanen tanaman.

Terjalin komunikasi yang baik semua pegawai Dinas Ketahanan Pangan sehingga tercapai kesuksesan program pemanfaatan halaman kantor dengan beberapa komoditi pertanian yang
ada.

Setiap pegawai mengambil peran dan tanggung jawab secara kolaboratif sehingga program berjalan secara efektif dan mencapai hasil sebagaimana di harapkan.

“dan diyakini keberlanjutan
inisiatif program PLAKAT akan terjaga” tegasnya.

Iwan menyampaikan juga bahwa alur proses yang dilakukan dalam pengembangan program PLAKAT meliputi:

  1. Membuat
    layout program.
  2. Menyusun rencana biaya dan langkah implementasi.
  3. Pemilihan komoditi;
  4. Pengelolaan lahan.
  5. Pemeliharaan tanaman.. 6. Panen.
  6. Ekspose hasil.
  7. Mendorong replikasi pada kantor dinas lain.

Nampak beberapa tanaman sayur tumbuh subur setelah ditanam selama kurang lebih 2 bulan dan sebagian tanaman sudah waktunya di panen.

Jenis-jenis sayur yang ada antara lain kangkung, cabe, tomat, selada, bayam, brokoli, onyong, dan lainnya, dan Ada juga tanaman anggur hijau.

Secara visual nampak kesuksesan program PLAKAT, berbagai komoditi sayuran dan tanaman buah tumbuh subur, dengan tata letak tanaman dan penataan kebun yang bernilai estetika,

“Ini menjadikan halaman kantor memiliki daya tarik untuk dikunjungi, disamping nilai ekonomis yang didapat dari hasil panen tanaman serta dampak sosial dengan terbangunnya kebersamaan dan kekompakan semua pegawai dinas
Ketahanan Pangan Kota Bima” ungkap Iwan.

Dampak lain yang tidak
bisa dinilai dengan materil adalah adanya pengakuan atas kesuksesan merealisasikan program PLAKAT.

“FAKTA bukan sekedar KATA, KENYATAAN bukan sekedar PERNYATAAN, REALISASI bukan sekedar RENCANA”. Kembali Iwan menegaskan.

Langkah selanjutnya adalah diseminasi konsep dan hasil program PLAKAT pada dinas lain yang ada di Kota Bima untuk melakukan hal yang sama di halaman kantor masing-masing.

Upaya ini dilakukan dengan membuat tulisan cerita sukses PLAKAT dalam bentuk brosur, pamflet, video pendek dan di sebarluaskan melalui saluran media sosial dan platform online untuk
mengkampanyekan program PLAKAT. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *