Polres Bima Gelar Rakor Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba

Bimantika.net _Satuan Binmas Polres Bima Polda NTB bersama Badan Narkotika Nasional Bima menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan mengusung Tema “Pelaksanaan Fasilitasi Advokasi Program Ketahanan Keluarga ANTI NARKOBA Berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa” di Aula Kantor Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima Senin (23/05/22).

Turut hadir dalam kegiatan Tersebut, kepala BNN Bima,AKBP Hurri Nugroho SH MH, H. Putarman SE M.SI Kepala BPMDES Kabupaten Bima, Sekretaris Bappeda kabupaten Bima H. Fahruddin, kasat Binmas Iptu Suhermansyah,Camat Woha,Kasi Trantib Kecamatan Woha, FKPP Kecamatan Woha, Kepala Desa Talabiu, Bhabinkamtibmas Desa Talabiu, Bhabinsa Desa Talabiu Staf dan Satgas Anti Narkoba Desa Setempat.

Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko S.I.K, melalui Kasi Humas Iptu Adib Widayaka mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan agar seluruh elemen berperan aktif dalam memberantas dan mencegah peredaran Narkoba di wilayah kabupaten Bima.

Kepala dinas BPMDES H. putraman SE., M. Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya BPMDes Kabupaten Bima dalam rangka rapat RKPDes mendatang akan mendukung upaya pencegahan Narkoba dan membentuk keluarga Anti Narkoba ditingkat Desa, dengan cara menyisihkan sebagian anggaran Desa untuk upaya langkah langkah pencegahan.

Sementara itu,Sekertaris Bapedda Kabupaten Bima H Fahruddin menyampaikan bahwa Bapedda mendukung program Ketahanan Keluarga ANTI NARKOBA tingkat Desa di rencana anggaran pembangunan Desa. Sehingga apa rencanakan harus di tuangkan di Dokumen Rencana pembangunan Desa masing masing. Karena di dalam aturan Dana Desa di sahkan untuk di tuangkan program ketahanan keluarga Anti Narkoba di tengah tengah masyarakat guna menangkal penyebaran Narkoba, ujar H. Fahrudin dikutip Adib.

Menangapi pernyataan itu Kepala BNN Bima AKBP Hurri Nugroho mengatakan bahwa dalam rangka pembentukan progam Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Bapedda Kabupaten Bima yang telah merencanakan anggaran untuk program tersebut.

“Mari kita sama sama mendukung program pimpinan daerah Kemudian di dalam Desa Bersinar ini kita bisa membentuk badan pengawas seperti yang ada pada program kampung tangguh” kata Adib mengutip penyataan Kepala BNN Bima itu.

Senada dengan itu Kasat Binmas Polres Bima IPTU Suhermansyah yang mewakili Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko S.I.K, mengatakan kami dari satuan pembinaan masyarakat Polres Bima menyampaikan sekali lagi bahwa pentingnya peran keluarga sebagai lingkup terkecil dalam suatu daerah yang memiliki peran dan andil besar dalam menangkal penyebaran Narkoba di wilayah kabupaten Bima.

“Kami pihak kepolisian siap mendukung program Kampung Bersinar Keluarga ANTI NARKOBA bersama sama dengan jajaran Guna mencegah dan memberantas peredaran Narkoba di wilayah kabupaten Bima” Ujarnya.

Kepala BNN Bima juga menjelaskan bahwa kasus tertangkap tangan, bandar, pengedar maupun penyalah Narkoba itu kategori Pidana dan akan di lanjutkan proses nya oleh pihak Kepolisian.

Ditambahkannya, kemudian jika ada remaja yang menjadi pengguna narkotika dan melaporkan dirinya maka akan kita urus untuk proses rehabilitasi.

Sehingga kapasitas satgas ataupun program di tingkat Desa dapat membantu proses remaja atau masyarakat yang akan rehabilitasi tersebut.

strategi terbaik adalah ketahanan keluarga. dan respon satgas di tingkat desa harus selalu koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa sehingga sesuai dengan SOP Jelasnya.

Kegiatan tersebut berjalan lancar dan aman tutup Adib.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *