Kota Bima Juara 1 se-NTB Pengelolaan PIP

Bimantika.net _Untuk menumbuhkan praktik baik dan inovasi kinerja dalam melaksanakan Program Indonesia Pintar (PIP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) memberikan Apresiasi dan Penghargaan Pengelola Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2022.

Apresiasi dan penghargaan ini diberikan kepada mitra utama pengelola PIP, yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Perguruan Tinggi, dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti).

Dunia Pendidikan Kota Bima kembali torehkan prestasi, melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PUSLAPDIK) Kemdikbudristek Republik Indonesia.

Kota Bima meraih penghargaan urutan terbaik Pertama se NTB atas Pengelolaan Program Indonesia Pintar (PIP).

Peserta yang ikut berjumlah 178 orang, yang berasal dari Region 3 yaitu Provinsi Jawa Timur, Provinsi Bali, Provinsi NTB, dan Provinsi NTT.

Urutan kedua diraih oleh Kabupaten Sumbawa, kemudian diikuti Kota Mataram diurutan ketiga.

Kriteria penilaian meliputi : pertama, validasi data NIK, NISN, serta sinkronisasi antara data Dapodik dengan data Dukcapil dan DTKS Kemensos RI.

Kedua, persentase terbesar melaporkan konfirmasi pencairan pada aplikasi Si-Pintar.

Ketiga, persentase terbesar melaporkan Upload Buku Rekening pada aplikasi Si-Pintar.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima Drs. Taufikurrahman, M. Ap mengungkaokan bahwa PIP dirancang untuk Membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga tidak mampu agar mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.

Baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar).
Mencegah peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu terkena kemungkinan putus sekolah.

Menarik siswa putus sekolah untuk kembali melanjutkan pendidikannya.
Meringankan biaya pendidikan setiap peserta didik.

Dalam hal tersebut Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Bima Telah Melaksanakan Program PIP tersebut dengan baik hingga Mendapatkan Predikat terbaik dari Tingkat Provinsi NTB Dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PUSLAPDIK) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *