Kapolres Bima Kota Sukses Memanajemen Personil, Sejumlah Kasus Kriminalitas Terungkap

_Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra, S.I.K, MH boleh dibilang Sukses Jalankan Pengabdiannya selama menjadi Kapolres Bima Kota.

Kecerdasannya dalam memanajemen Personil Polres Bima Kota hingga setiap hari kerap lakukan berbagai pengungkapan beragam kasus kriminalitas.

Sejak dirinya di lantik menjadi Kapolres Bima Kota, ada nilai Plus yang dikembangkannya dalam penugasan-penugasan khusus personilnya.

Di Satuan Narkoba saja ada dua Tim Bentukannya dalam memberantas peredaran Narkoba di Wilayah Hukum Polres Bima Kota.

Kedua tim itu adalah Bravo dan Alpha yang sepertinya berlomba-lomba menampilkan kinerja baiknya dalam pengungkapan Kasus Narkoba di Wilayah Hukum Polres Bima Kota.

Tim Bentukan lainnya adalah Tim Puma l dan Tim Puma ll yang sama-sama gencar melakukan aksi penangkapan segala lini kriminalitas.

Kasat Narkoba Polres Bima Kota, AKP Thamrin, S. Sos saat dikonfirmasi media online Bimantika di ruang kerjanya Kamis 30 Juni 2022 membenarkan adanya efektivitas kinerja tim Alpha dan Bravo bentuk Kapolres Bima Kota dalam mengungkap beberapa kasus Narkoba di wilayah hukum Polres Bima Kota.

“Jajaran Satres Narkoba dengan dua tim yang dibentuk itu berlomba-lomba dalam soal pengungkapan ratusan kasus Narkoba di Wilayah Hukum Polres Bima kota, tentu ini tidak terlepas dari adanya manajemen yang handal dari Bapak Kapolres” ungkap AKP Thamrin.

Berikut Data Hasil Investigasi Media Online Bimantika dalam hal pengungkapan Kasus kriminalitas di Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Bima Kota :

Kejahatan konvensional
Bulan Agustus 2021 s.d Bulan Juni 2022, Jumlah Tindak Pidana sebanyak 383 Jumlah Penyelesaian Tindak Pidana sebanyak 313 dengan prosentase penyelesaian 81,7 %, sedang belum selesai sebanyak 70 dengan prosentase 18,28 % dengan rincian sebagai berikut :

Menelantarkan Istri dan Anak, Pemalsuan Surat, Pencabulan terhadap anak, merusak barang, judi, Penghinaan, MEMBAWA LARI ANAK DIBAWA UMUR,
PEMBUNUHAN, PENGANIAYAAN BERAT, PERZINAHAN, PENGANIAYAAN BIASA, PENCURIAN BIASA, Curat, CURANMOR, Curas, PEMERASAN DAN PENGANCAMAN, Penggelapan, PENIPUAN, PERSETUBUHAN ANAK, PEMERKOSAAN, PENYEROBOTAN TANAH, PENGANIAYAAN ANAK, KDRT, bawa Sajam, PENGEROYOKAN, PENGANIAYAAN RINGAN, KORUPSI, BAWA SENPI
PENADAHAN, PENGHINAAN,
SATWA DILINDUNGI dan sejumlah kasus lainnya.

Dari Bulan agustus 2021 sampai Bulan Juni 2022 dengan rincian sebagai berikut :

Agustus – Desember 2021 171 Kasus yang tertangani dan Januari sampai Juni 2022 sebanyak 211 kasus yang tertangani.

“Itu semua adalah Kasus kejahatan Konvensional” ungkap Kapolres Bima Kota.

Sedangkan kejahatan Transnasional sebanyak 3 kasus.

Sejumlah 11 (sebelas) jenis kejahatan dari Bulan Agustus 2021 s.d Bulan Juni 2022 dengan rincian sebagai berikut :

PEMBUNUHAN 2 kasus,
PENGANIAYAAN BERAT 4 Kasus CURAT 59 Kasus, CURAS 14, kasus CURANMOR 75 Kasus
KEBAKARAN 7 kasus,
PERJUDIAN 17 Kasus,
PEMERASAN / ANCAMAN, 21 kasus, CABUL/SETUBUH ANAK 25 Kasus,
NARKOTIKA, 11 kasus.

Bulan Agustus 2021 sampai dengan Bulan Juni 2021, Jumlah Tindak Pindak (JTP) sebanyak 383, Jumlah Penyelesaian Tindak Pidana (JPTP) sebanyak 313 dengan prosentase penyelesaian 81.7 %, sedang belum selesai sebanyak 70 dengan prosentase 18,3 %. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *