Inspektorat : “Atas Capain WTP, Walikota HML Terus Pacu Kesuksesan di Masa Yang Akan Datang”

Bimantika.net _Selasa pekan lalu Pemerintah Kota Bima mendapat predikat WTP dari BPK RI perwakilan Nusa Tenggara Barat.

WTP adalah singkatan dari kata Wajar Tanpa Pengecualian. Istilah Wajar Tanpa Pengecualian apabila disingkat yaitu menjadi WTP. Akronim WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) merupakan singkatan/akronim tidak resmi dalam Bahasa Indonesia.

WTP adalah opini audit tertinggi dari BPK terkait pengelolaan anggaran di kementerian atau lembaga negara. Opini ini diterbitkan jika laporan keuangan dianggap telah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik dan bebas dari salah saji material.

Atas capaian WTP tersebut, hari ini Selasa 17 Mei 2022, Inspektorat Kota Bima menindaklanjuti dengan menggelar Acara action plan Rekomendasi hasil pemeriksaan BPK RI tahun 2021 di ruang rapat Pemkot Bima.

Kepala Inspektorat Kota Bima Drs. H. Azhari, M. Si menyenutkan bahwa pihaknya melakukan Follow Up dengan Acara laporan Inspektur dan arahan Walikota Bima.

Aba Har Sapaan Akrab Kepala Inspektorat Kota Bima pada Media online Bimantika menjelaskan bahwa laporan Keuangan Pemkot Bima Tahun 2021, dengan ipini ‘wajar tampa pengecualian’ adalah sebuah prestasi.

“walaupun demikian kita tetap menyampaikan hasil pemeriksaan kepada semua OPD baik itu pendapatan’ belanja maupun aset sehingga kedepan ada langkah perbaikan bagi semua OPD” ujarnya.

Arahan Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) melalui Sekda Kota Bima Drs. H. Mukhtar Landa, MH antara lain :

Tindaklanjuti dan Selesaikan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki beberapa catatan.

Segera lelang belanja barang dan jasa khususnya sumber anggaran dana DAK. Mengingat waktu.

WTP kedepan tidak saja temuan belanja, yang utama adalah pengolahan aset yang baik dan benar. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *