Formal Kawal Pembangunan Infrastruktur Langgudu, Dijanjikan 2023

jpn

Bimantika.net -Beberapa waktu lalu Forum Mahasiswa Langgudu (Formal) Mataram NTB menggelar aksi Demonstrasi dengan ratusan pasukannya di depan kantor Gubernur NTB.

Khairurrizqi Ketua Umum Formal Bima-Mataram pada Bimantika Minggu 15 April 2023 menyebutkan akan tetap melakukan pengawalan terhadap apa yang pernah di pressure oleh dirinya dan ratusan kawan Mahasiswa Langgudu yang ada di Mataram.

Menurutnya Wacana perbaikan infrastruktur jalan Langgudu sudah mulai terdengar di tahun 2020, tepat pada saat keluar nya paket 14 tahun anggaran 2020-2022 oleh PUPR NTB.

dimana ada nama ruas jalan Karumbu-Sape dalam paket itu, sehingga masyarakat Langgudu meyakini bahwa jalan Langgudu akan direhabilitasi di tahun tersebut.

Setahun berjalan mulai dari keluar nya paket 14 itu, wacana infrastruktur jalan Langgudu sudah mulai hilang lantaran Masyarakat Langgudu menunggu realisasi paket tersebut.

“Namun ternyata paket itu sudah terealisasi tapi titik rehabilitasi nya tidak ditemukan Di Langgudu” ujarnya.

Lanjutnya bahwa Mulai saat itu juga masyarakat Langgudu mulai resah dan bertanya-tanya kenapa demikian paket 14 dengan ruas jalan Karumbu-Sape tidak masuk di Langgudu.

Atas persoalan ini menurutnya mahasiswa Langgudu khususnya Formal Bima Mataram mulai melakukan konsolidasi di berbagai pihak, mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat sampai ke tingkat Desa dan Kecamatan sehingga FORMAL Bima Mataram mendapatkan dukungan dari mereka.

Kemudian belum puas dengan itu, Formal Bima Mataram mulai melakukan kajian internal tentang hal tersebut dan mendalami data data yang ada sehingga dalam kajian itu Formal Bima Mataram menemukan kejanggalan yang memang harus dijawab oleh Pemprov lebih khususnya Dinas PUPR NTB.

Atas semua itu menurutnya timbul lah sabuah kesepakatan membangun gerakan (Dakwah Jalanan) upaya untuk mendapatkan jawaban dari kegelisahan itu serta mendapatkan rekomendasi dari gubernur NTB agar jalan Langgudu diprioritaskan di tahun 2023.

Masih menurutnya bahwa Tepat pada tanggal 29 Maret 2023 Formal Bima Mataram melakukan aksi di depan gedung Gubernur NTB dengan membawa tuntutan “segera perbaiki infrastruktur jalan Langgudu” dan “Evaluasi kritis kinerja PUPR NTB”. Pada saat aksi yang dibawah kendali Korlap 1 Umar Alvian mendapatkan tanggapan dari pihak PUPR NTB namun FORMAL Bima Mataram tidak menemukan titik kejelasan dan kepastian dari tanggapan tersebut.

Oleh karena itu Formal Bima Mataram kembali melakukan konsolidasi internal mulai dari meminta dukungan dari Kepala Desa (Asosiasi Kades) se Kecamatan Langgudu lewat dari tandatangan pernyataan sikap.

Dan Forum Mahasiswa Langgudu Bima Mataram kembali melakukan aksi jilid 2 tepat pada tgl 27 Maret 2023 dengan tuntutan yg tidak jauh berbeda dengan tuntutan aksi jilid 1 dan lagi-lagi mendapatkan tanggapan yang tidak jelas kepastiannya dari pihak PUPR NTB.

Sehingga di tanggal yang sama tepat pukul 21:30 Forum Mahasiswa Langgudu Bima Mataram menemui Gubernur NTB di Pendopo guna mendiskusikan terkait gerakan dan tuntutan dari Formal Bima Mataram.

Sehingga pada akhirnya menurut Ketua Formal Mataram bahwa Gubernur NTB Zulkieflimasyah menyetujui bahwa jalan Langgudu harus di prioritaskan dianggaran inpres 2023.

“Dan akan merekomendasikan jalan tersebut di kementrian PUPR. Saat itu juga Gubernur NTB menjadwalkan pertemuan dengan kementrian PUPR dan mengajak dua perwakilan dari Anggota FORMAL Bima Mataram untuk bertemu dengan Kementrian guna untuk membantu mempresentasikan kenapa jalan Langgudu itu harus diprioritaskan” ujarnya..

Masih menurut Ketua Formal bahwa Pada 28 Maret 2023 pukul 17:37 WIB Gubernur NTB beserta rombongan nya menemui Kementrian PUPR dan Alhamdulilah lewat Diplomasi, kementrian menyetujui bahwa jalan Langgudu akan di anggarkan dan diperbaiki di tahun 2023 lewat anggaran dana Inpres itu sendiri dan langsung di Disposisi di depan Gubernur NTB, Dirjen Binamarga RI, Kadis PUPR NTB, Kabid Bina Marga NTB dan 2 dari delegasi Mahasiswa Langgudu Mataram.

Sehari setelah itu, kepala Balai dari kementrian melakukan survei jalan Langgudu.

“Dan ini semua harus kemudian kita jadikan sebagai bukti dan penguatan kita untuk terus membangun gerakan yang barang kali sebagai langkah pengawalan atas putusan bahwa 2023 infrastruktur jalan Langgudu akan di perbaiki” demikian ungkap Ketua Formal. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *