4 Golongan Yang Dirindukan Surga, Diantaranya Hindari Caci Maki dan Fitnah

jpn

Foto : Ilustrasi

Bimantika.net -Ada empat (4) golongan yang sangat dirindukan oleh surga, salah satunya adalah orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan. Hal itu diketahui dari sebuah hadis.Nabi Muhammad SAW bersabda:

الْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى أَرْبَعَةِ نَفَرٍ : تَالِى الْقُرْانِ, وَحَافِظِ اللِّسَانِ, وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ, وَصَا ئِمٍ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ

Artinya: “Surga merindukan empat golongan: orang yang membaca Al-Qur’an, menjaga lisan (ucapan), memberi makan orang lapar, dan puasa di bulan Ramadan.” (HR Abu Daud dan Tirmidzi).

Demikian ungkap Khotib Sholat Jum’at di Lingkungan BTN Sadia Kelurahan Sadia Kecamatan Mpunda Kota Bima (19/5/2023).

Khotib menjelaskan golongan pertama yang sangat dirindukan oleh Surga adalah orang-orang yang lisannya senantiasa digunakan untuk membaca kalam Allah SWT setiap waktu dan kesempatan yang ada. Bahkan, saat lapang maupun sempit.

“Disamping dirindukan oleh surga, Allah SWT orang yang rajin membaca Al-Qur’an hatinya menjadi tenang” ungkapnya.

Golongan Kedua adalah yang selalu menjaga lisannya dari berkata kotor, mencaci-maki, dan menghujat, menggunjing, menyebar fitnah, membawa berita bohong, melukai perasaan orang lain.

Khotib menyebutkan dalam sebuah hadits Nabi SAW yang berasal dari Abu Hurairah Ra. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dari hari akhir hendaklah dia berkata yang baik, atau diam. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dari hari akhir menghormati tetangganya.

Golongan ketiga adalah orang yang memberi makan terhadap orang yang kelaparan.

Golongan ini merupakan orang yang senantiasa membantu orang yang membutuhkan. Allah SWT akan membalas kebaikan yang dilakukan oleh hambanya.

Bahkan, kelak di hari kiamat Allah swt akan memberikan makan dari buah-buahan surga.Apalagi di bulan puasa ini pahala kita akan dilipatgandakan Allah SWT.

Golongan keempat adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadan .Golongan ini adalah orang yang senantiasa menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

Maka, bersyukurlah bagi mereka yang senantiasa melaksanakan puasa di Bulan Ramadhan.

Kehadiran mereka dirindukan oleh surga.Allah swt juga telah menyediakan pintu surga bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan.

“Marilah kita senantiasa berusaha untuk menjadi orang-orang yang dirindukan surga” demikian ajak Khotib. (Sumber : Khotib Sholat Jum’at Masjid Arrahman BTN Sadia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *