Warga & LSM Hadang Mobil Kontainer PT Tambang Hu,u Karna Langgar Komitmen

Bimantika.net Rabu 9 Maret 2022 sekitar pukul 15.00 Wita di Depan Polres Dompu terjadi penghadangan sejumlah Mobil Kontainer oleh Warga dan LSM Dompu.

Mobil Kontainer PT. Sumbawa Timut Maining ( STM ) Perusahan Perusahaan Tambang Emas di Kec. Hu’u Dompu NTB Indonesia. Dihadang Rakyat dan Massa dari sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat.

Sejumlah warga dan Masyarakat LSM yaitu :
LAPI : Lembaga Advokasi Pembangunan dan Informasi, ITK Indonesia Transparan si Kebijakan, LAMSIDA Lembaga Advokasi Masyarakat Sipil Daerah, LACI Lembaga Aksi Cinta Indonesia, ALI PETA Aliansi Pemuda Penolak Tambang, LERA Lembaga Rakyat, LMK Lembaga Miskin Kota, LLK Lembaga Lintas Komunitas, LPKP Lembaga Pengontrol Kebijakan Publik, LAKP Lembaga Advokasi Kebijakan Publik, GEMPAR Gerakan Pemuda dan Rakyat, P3K Pemuda Pelopor Penindak Korupsi.

Adapun yang menjadi Tuntutan serta Alasan Penghadangan tersebut antara lain :

  1. Management PT. STM sangat lemah dlm Mensosialisasikan Kepastian Tahapan Ekplorasi, Study Kelayakan, Rencana Kerja Eksploitasi
    Pertambangan serta Dampak Lingkungan akibat Limbah Tambang pada Areal Pariwisata Lakey, Ekosistim Laut Perairan dan Pemukiman serta hilangnya Ketersedian Air Tanah.
  2. Terjadi Ketidakpastian Rencana Pembebasan Lahan Rakyat yang syarat dgn Praktik Mavia Lahan.
  3. Terjadi Diskriminasi dalam Kegiatan Pra Eksploitasi atas Pekerjaan Persiapan Sarana Prasarana Tambang dan Penyediaan bahan-bahan Kebutuhan di lokasi Tambang.
  4. Management terkesan Diskriminasi memaknai tentang Masyarakat Lingkar Tambang Ansich Warga Kec Hu’u dan dengan mengabaikan Eksistensi Masyarakat Kec. Pajo Dompu, Woja, Manggelewa Kilo dan Pekat.
  5. Tidak Transparan atas Alokasi Dana CSR selama 10 tahun.
  6. Hal yang mendasar adalah Kesepakatan pada pertemuan beberapa waktu yang lalu di Mako Polres Dompu bahwa Management PT. STM tidak boleh mendatang Alat Berat dan Alat Kerja sebelum dilaksanakan Pertemuan dengan Direktur Utama dari PT. STM, PT. VALE, PT. ANTAM dan INALUM.

“Intinya kami Mempertanyakan Eksistensi Tambang Emas PT. STM dan Komitmen Management atas Kesepakatan yang telah disepakati pada Pertemuan di Polres Dompu beberapa waktu lalu” ujar salah seorang Senior LSM Dompu NTB Ilham Yahyu. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *