Walikota HML Pimpin Acara Pemberian Remisi, Titip Pesan Moral untuk Narapidana

Bimantika.net Pelaksanaan pemberian remisi khusus hari raya idul Fitri 1443 H tahun 2022 bagi terpidana dan anak.

Pada hari Minggu 1 Mei 2022 pukul 09.00 Wita Bertempat di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Raba Bima jalan
Langsat Rabangodu Selatan Kecamatan Raba kota Bima telah di laksanakan pemberian remisi khusus hari raya idul Fitri 1443 H tahun 2022 bagi terpidana dan anak di Rutan kota Bima.

Pemberian Remisi ini di pimpin langsung oleh walikota Bima yang di ikuti 30 orang dengan protokol Covid 19.

Hadir dalam kegiatan di antara lain Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML), Asisten II Kota Bima, Kepala Rutan Bima M. saleh SH, Kasubsi pelayanan bapak Tajudin S.Sos, Kasubsi pengelohan bapak Gamal Mashur SH, Kepala Pengaman Rutan Luncur Rukti P. .S.Sos, Para Staf rutan dan Perwakilan tahanan rutan

Pukul 09.00 Wita Seluruh staf dan para tahanan yang mendapatkan remisi khusus hari raya idul Fitri 1443 H tahun 2022 bagi terpidana dan anak di Rutan kota Bima memasuki aula utama rutan Bima.

Pukul 09.05 Wita Walikota Bima tiba di rutan Bima di sambut oleh kepala rutan dan staf adapun

Walikota HML pada momentum itu menyebutkan Perkembangan sistem pemasyarakatan tidak terlepas dari perjalanan – panjang kebijakan penegakan hukum pidana di Indonesia Bermula di berlakunya Regfernen Penjara yang menjadi titik awal sistem kepenjaraan di Indonesia dengan segala fase historisnya.

“Pembinaan narapidana dilaksanakan secara terpadu antara pembina, yang dibina, dan masyarakat seluruh elemen ini mempunyai kedudukan dan peran yang saling mendukung sehingga tercapainya tujuan” ujar Walikota HML.

Menurut Walikota HML bahwa Remisi yang para Narapidana peroleh hari ini merupakan bentuk penghargaan atas perubahan perilaku yang Saudara tunjukkan ketika menjalani pidana di Lapas/Rutan/LPKA. Pemberian remisi juga dimaksudkan untuk mempercepat proses reintegrasi sosial sehingga Saudara dapat segera kembali ke tengah masyarakat. Tujuan reintegrasi sosial dalam pelaksanaan pidana penjara memberikan perhatian yang seimbang antara masyarakat dan narapidana.

“Narapidana harus mendapatkan kesempatan yang luas untuk bersosialisasi dengan masyarakat, dan pada sisi lain, masyarakat harus berpartisipasi secara aktif dan memberikan dukungan dalam pembinaan narapidana sebagai wujud tanggung jawab sosial” ungkap Walikota HML.

Hari Raya Idul Fitri merefleksikan sebuah kemenangan atas perjuangan sebulan penuh menahan dan mengendalikan hawa nafsu pada hari Ini tibalah saatnya untuk kita merayakan hari kemenangan yang sarat akan makna selain dimaknai sebagai hari raya kemenangan, Idul Fitri juga dapat dimaknai sebagai hari raya kesucian dan kekuatan.

Masih menurut Walikota HML bahwa Ancaman penularan COVID-19 tetap ada dan nyata. Oleh karenanya, Saya tetap mengimbau agar kita tetap waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Pukul 09.45 Wita Acara Doa yang di bacakan oleh Ustadz Abdullah, S.Ag

Pukul 10.00 Wita Pemberian Cendra mata oleh kepala ruta bima kepada walikota Bima

Pukul 10.05 Wita Sesi foto bersama dan Pukul 10.10 Wita Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan aman

Dengan adanya pemberian remisi khusus hari raya idul Fitri 1443 H tahun 2022 bagi terpidana dan anak di Rutan kota Bima. dapat dipandang sebagai sebuah instrumen yang penting dalam pelaksanaan sistem pemasyarakatan, untuk memberikan stimulus bagi narapidana agar selalu berkelakuan baik.
dan cermin dari sikap warga binaan yang taat selama menjalani pidana, lebih disiplin, lebih produktif, dan dinamis. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *