Walikota HML Pantau Langsung Kondisi Lapangan Saat Banjir

Bimantika.net Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) hari ini minggu 28 November 2021 langsung turun lapangan meninjau dan menyapa warga Kota Bima yang sedang berduka ditimpa bencana luapan banjir dua hari lalu.

Walikota HML turun pantau banjir di beberapa kelurahan di Kota Bima antara lain Kelurahan Sarae, Na’e dan Jatiwangi.

“Sore hari ini, pak wali HML melihat langsung kondisi luapan banjir dan jembatan serta jalur-jalur drainase yang menjadi salah satu penyebab melubernya air permukiman warga dibeberapa kelurahan” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima Nazamuddin, S. Sos saat menemani Walikota HML.

Walikota HML turun langsung lokasi banjir didampingi oleh Kabid Darlog BPBD Nasamuddin, S. Sos, Kabid Cipta Karya PUPR Kota Bima Fahad, ST Camat Asakota Suryadin dan Lurah Jatiwangi Jumardin.

Berdasarkan hasil laporan beberapa titik wilayah yang meluap ke pemukiman antara lain Kelurahan Melayu, Sarae, Jatiwangi, Na’E, Pane,Penatoi, Santi, Lewirato, Mande, Jatibaru Timur.

Melihat kondisi tersebut, Walikota HML perintahkan Camat Asakota dan Lurah untuk melakukan gerakan menanam pohon di Hutan dan Gunung Ncai Kapenta.

Walikota Tegaskan pula bahwa disatu sisi perlu pelestarian Alam dan Hutan juga dilakukan upaya lainnya.

“Lestarikan alam dan hutan dan menanam ribuan pohon di hutan dan gunung ncai kapenta adalah upaya yang harus dilakukan untuk menanggulangi banjir dan upaya lainnya” ujar Walikota HML.

Upaya lainnya adalah di tahun anggaran 2022, Walikota HML memiliki master plan kerja sama dengan pihak World Bank untuk memperbaiki seluruh saluran drainase perkotaan dan tanggul.

Normalisasi sungai seperti sungai melayu dan padolo, perbaikan dan pengembangan infrastruktur dengan nilai sebesar 230 miliyar.

“Insya Allah Kesemuanya dilaksanakan 2022 sampai 2026,” ujar Wali Kota Bima.

Masih menurutnya bahwa rencana dan planning besar itu berkat Dukungan dan kerjasama World Bank dan Jepang dalam upaya penyehatan kembali lingkungan dan perkotaan. serta perbaikan dan pengembangan infrastruktur serta hal lainnya yang menjadi prioritas utama.

“Dari seluruh Kota di Indonesia hanya ada 3 Kota yang kerja sama dengan Wold Bank yakni Kota Bima, Kota Pontianak dan Manado,” jelas Walikota Bima.

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kota Bima, M. Rafi’in, SE saat di lokasi kunjungan Walikota Bima yang diwawancara Crew Media Online Bimantika menyebutkan bahwa Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) adalah sosok yang peduli pada rakyatnya hingga hari minggu sekalipun menemui rakyatnya yang sedang berduka.

“ini adalah bentuk kepedulian seorang pemimpin yang tentunya GP Ansor menilai sebagai bentuk kebaikan dan kepedulian seorang pemimpin pada rakyat yang dipimpinnya” ujar Rafik sapaan Ketua GP Ansor Kota Bima. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *