Walikota HML : Buruh Harus Diperhatikan untuk Kehidupan Yang Layak

jpn

Bimantika.net -Momentum Hari Butuh 1 Mei 2023, Walikota Bima Propinsi NTB H. Muhammad Lutfi, SE (HML) angkat bicara.

Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day.

Hari buruh ini adalah sebuah hari libur di beberapa negara, dan dalam sejarahnya May Day berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh itu sendiri.

Hari Buruh 1 Mei diperingati setiap tahun dan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Hari Buruh atau May Day digunakan oleh buruh atau pekerja untuk menyampaikan tuntutan demi kesejahteraan mereka.
Tak hanya di Indonesia, Hari Buruh juga dirayakan secara global atau termasuk peringatan internasional.

Sekilas tentang Hari Buruh 1 Mei, Mengutip situs Disnakertrans Sumatera Selatan, Hari Buruh di Indonesia dimulai pada era kolonial Hindia Belanda. Peringatan Hari Buruh dimulai tanggal 1 Mei 1918 oleh Serikat Buruh Kung Tang Hwee.

Berawal dari tulisan Adolf Baars, seorang tokoh sosialis Belanda yang mengkritik harga sewa tanah milik kaum buruh terlalu murah untuk dijadikan perkebunan. Baars juga mengungkapkan bahwa kaum buruh bekerja keras tanpa upah yang layak.

Setelah peringatan 1 Mei, buruh kereta api mengalami pemotongan gaji. Mereka melakukan aksi mogok, namun diancam dipecat apabila tidak segera kembali bekerja. Pada tahun 1926, peringatan Hari Buruh ditiadakan.

Lalu, pada 1 Mei 1946, Kabinet Sjahrir mengizinkan kembali peringatan Hari Buruh. Undang-undang Nomor 12 Tahun 1948 mengatur bahwa setiap 1 Mei, buruh diizinkan tidak bekerja.

Undang-undang tersebut juga mengatur perlindungan anak dan hak perempuan sebagai pekerja. Kemudian, pada 1 Mei 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan Hari Buruh sebagai hari libur nasional.

Walikota Bima yang juga mantan Anggota DPR RI 2 Periode Fraksi Partai Golkar H. Muhammad Lutfi, SE (HML) di momentum Hari Buruh 1 Mei 2023 mengajak Pekerja atau Serikat Buruh, pengusaha, maupun pemerintah secara menyeluruh untuk bersama-sama merayakan Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2023 tanggal 1 Mei dengan tertib, aman, dan harmonis dalam suasana kekeluargaan.

“Agar di hari Buruh ini semakin Terciptanya kondisi hubungan industrial dinamis, kondusif dan harmonis” harap Walikota HML saat di wawancara media Bimantika Senin pagi 1 Mei 2023.

Walikota HML Politisi Nasional mantan DPR RI Dua Periode ini pada media Online Bimantika menyebutkan bahwa May Day mesti di jadikan sebuah momentum kebersamaan bagi pekerja, pengusaha, dan pemerintah menuju hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan bagi kesejahteraan pekerja dan buruh.

Untuk di ketahui Publik bahwa Pemerintah terus berusaha memperbaiki iklim ketenagakerjaan untuk mendorong iklim investasi yang positif di Indonesia.

Berdasarkan data BPS, sejak tahun 2014-2018, terbukti iklim ketenagakerjaan yang harmonis secara tak langsung turut mendorong pertumbuhan ekonomi. Tahun 2014, pertumbuhan ekonomi sekitar 5,01 persen, dan menurun menjadi 4,88 persen (2015); melonjak 5,03 persen (2016); 5,07 persen (2017), dan naik menjadi 5,17 persen (2018).

Perekonomian Indonesia tahun 2022 yang dihitung berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp19.588,4 triliun dan PDB per kapita mencapai Rp71,0 juta atau US$4.783,9.

Dalam laporan World Economic Outlook (WEO) edisi April 2023, International Monetary Fund (IMF) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 5% pada 2023.

Angka itu lebih optimistis dibanding proyeksi sebelumnya. Pada Januari 2023, IMF memprediksi pertumbuhan Indonesia tahun ini hanya 4,8%.

Indonesia telah menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013.

Peringatan May Day juga harus dijadikan sebagai momentum bersama, baik serikat pekerja/serikat buruh, pengusaha, dan pemerintah untuk mewujudkan ekosistem ketenagakerjaan yang fleksibel.

“Buruh harus diperhatikan untuk mendapatkan kehidupan yang layak dan bahagia” demikian ungkap Walikota HML. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *