Walikota HML : Bucracce & Kegiatan Aksi Minimalisir Kerentanan Sebuah Prioritas

Bimantika.net _Walikota Bima H.Muhammad Lutfi, SE (HML) menghadiri sosialisasi Lokakarya Komunitas tentang Bucracce dan Kegiatan Aksi untuk Mengurangi Kerentanan guna meningkatkan adaptasi terhadap perubahan dampak iklim dan Bencana.

BUCRACCE (Building Community Resilience to Climate Change/Membangun Ketahanan Masyarakat terhadap Perubahan Iklim

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kota Bima, LP2DR serta didukung oleh Badan Yayasan Relief Islam Indonesia (YRII)

Kegiatan yang berlangsung di aula SMKN 3 KOTA BIMA Pada Senin, 4 Juli 2022 tersebut turut dihadiri oleh Direktur LP2DER, Perwakilan Islamic Relief, BPBD Kota Bima, Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Bima, serta tamu undangan.

Direktur LP2DER, Ir. Bambang mengemukakan bahwa program BUCRACCE ini mempersiapkan masyarakat menghadapi bahaya perubahan iklim.

Walikota HML dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi terhadap kegiatan tersebut Mengingat bagaimana pentingnya Ekosistem dan Iklim yang mempengaruhi Kota Bima.

“Mengingat Kota Bima masih memiliki kerentanan resiko bencana alam, masyarakat masih minim pengetahuan terkait alam, untuk itu perlu adanya kesadaran dari masyarakat”.ucapnya

Walikota HML menegaskan bahwa perlu adanya kerja sama dari semua pihak, tanpa kerja sama dan partisipasi dari masyarakat dan pemerintah terkait penanggulangan bencana tidak akan berjalan dengan baik.

“Betapa pentingnya kita mempertahankan ekosistem yang ada, Untuk itu perlu kesadaran masyarakat agar tidak menebang pohon sembarangan dan diharapkan agar melakukan reboisasi”. Tutupnya

Selain itu Bapak M. Darwis Selaku ketua Panitia LP2DR menyampaikan bahwa terdapat 10 Lokasi yang akan menjadi sasaran utama penghijauan yang tentunya perlu adanya partisipasi seluruh masyarakat, TSBK dan BPBD

“Bucracce ini menjadi basis proses pengembangan kita kedepan yaitu membangun program ketangguhan masyarakat dalam mengahadapi perubahan iklim. Tutupnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *