Walikota Bima HM Rum Siap Jalankan Amanat Presiden Jokowi

jpn

Bimantika.net -Presiden Republik Indonesi Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) memanggil 193 penjabat (PJ) Gubernur dan Bupati/Wali Kota se-Indonesia ke Istana Negara, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Pemanggilan dilakukan oleh Jokowi terkait mensukseskan Pemilu 2024 mendatang yang aman dan damai

Kepada pada PJ Gubernur dan Bupati/Wali Kota se-Indonesia, Jokowi memberikan arahan secara langsung.

“Kepada seluruh Pj Gubernur dan Walikota agar bisa memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Pemilu 2024” demikian Harapnya.

Presiden Jokowi juga berharap agar Pj Gubernur dan Walikota Se Indonesia memberikan dukungan pada penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu di daerah masing-masing sehingga Pemilu berjalan dengan baik sesuai tahapannya

“Saya minta (Pj) Gubernur, bapak ibu Bupati/Wali Kota berikan dukungan pada tugas-tugas KPUD dan Bawaslu, tapi tidak mengintervensi apapun,” kata Jokowi dikutip dari tayangan Breaking News KompasTV.

Presiden Jokowi juga meminta agar netralitas ASN ditegakkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam berdemokrasi

“Mudah sekali kelihatan bapak/ibu memihak atau tidak. Dan pastikan juga ASN itu netral, hati-hati” ungkapnya.

Presiden Jokowi meminta agar para Pj Gubernur dan Pj Bupati/Wali Kota menjaga kerukunan di masyarakat arus bawah di tahun politik 2024. Karena kerukunan antar warga pun adalah sebuah keharusan dalam kondusifitas daerah.

Presiden Jokowi perintahkan pada Pj Gubernur dan Walikota Se Indonesia agar selalu koordinasi dengan kementrian dalam negeri.

“Saya akan terus mengikuti tugas dan kerja bapak ibu semuanya. Jika ada masalah segera sampaikan ke Kemendagri,” demikian ungkap Presiden Jokowi.

Diakhir arahannya Presiden Jokowi memberikan “warning” kepada Pj Gubernur dan Bupati/ Walikota Se Indonesia.

“Agar bapak-bapak dan ibu-ibu Berhati-hati karena saya setiap hari evaluasi,begitu bpk/ibu Gubernur dan Bupati dan Walikota miring-miring bisa diganti setiap hari” tegas Presiden Jokowi.

Hadir dalam kegiatan itu, Penjabat (Pj) Walikota Bima Ir. H. Mohammad Rum, MT, pada Media Online Bimantika Selasa 31 Oktober 2023 menyampaikan beberapa hal atas arahan Presiden Republik Indonesia.

Mohammad Rum menjelaskan bahwa Bapak presiden berpesan dunia dalam kondisi tidak baik-baik saja karena ekonomi global tidak sehat kenaikan suku bunga di Amerika.

“Sehingga mengganggu nilai tukar rupiah kita perubahan iklim dan dampak El Nino” ujarnya.

Lanjut Mohammad Rum perubahan iklim dan dampak El Nino yang perlu diwaspadai terjadi kekeringan di 7 provinsi.

Beras susah Import beras tidak mudah ,Pengaruh perang di Ukraina di Palestina sehingga harga gandum naik harga minyak naik menyebabkan inflasi naik barang dan jasa juga naik

Ada beberapa pesan pak Presiden kepada seluruh Pj Gubernur dan Walikota untuk melakukan pertimbangan teknokratik dalam memberikan kebijakan jaga pasokan bahan pangan pantau harga turun ke lapangan bila perlu gunakan dana tak terduga untuk atasi inflasi
El Nino.

“Antisipasi kebakaran, akses air bersih, Pertumbuhan ekonomi ciptakan iklim investasi yang sehat bantu calon investor permudah perizinannya” Pesan Bapak Presiden yang akan kami lakukan” ujar Mohammad Rum.

Pesan lainnya menurut Mohammad Rum Alokasi kan dana stimulan bansos pasar murah bela beli produk lokal Atasi stunting dan kemiskinan ekstrem.

Tahun politik dukung KPU dan bawaslu ASN harus netral atasi kerusuhan di tingkat bawah. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *