Uma Lengge Taman Panda Persembahan Terbaik IDP_Dahlan

Bimantika.net
Kalau jalan jalan Kabupaten Bima NTB, anda dipastikan menemui objek wisata Taman Panda yang didesain era Millenial. Di sana dapat dijumpai Uma Lengge atau rumah adat Bima sebagai warisan sejarah dan Peradaban Bima.

Uma Lengge adalah bangunan rumah adat yang terbuat dari kayu, merupakan kekayaan budaya lokal warga Bima yang hingga era millenial ini tetap dilestarikan.

Kalau mau melihat secar langsung bangunan Uma Lengge yang asli, tentu para wisatawan menempuh perjalanan beberapa jam ke Kecamatan Wawo, yang berjarah sekitar tiga puluhan kilometer dari Kota Bima.
Walau demikian Jika saja Anda berlibur ke Bima di, bisa mampir ke Taman Panda Kota Bima. Di sana berjajar puluhan duplikat Uma Lengge yang sengaja dibangun dimasa pemerintahan Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE (Bupati Bima).
Dipandang dari aspek keindahan, struktur, dan mode bangunan yang ditempatkan di Taman Panda ini sangat tidak jauh berbeda dari yang aslinya seperti di Kecamatan Wawo.

Uma Lengge yang pada umumnya terbuat dari kayu dan bambu, keseluruhan elemennya saling kait mengait sehingga menjadi kesatuan dan berdiri di atas tiang-tiang.
Bangunan Uma Lengge tidak sembarangan dan memiliki makna tersendiri menurut kepercayaan Warga Bima.

Lokasi Taman Panda tidaklah jauh dari Bandara Sultan Muhammad Sirajuddin Bima.
Tempat ini selalu ramai pada setiap harinya. Selain menjadi spot foto, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat persinggahan para pengguna jalan yang berjalan jauh untuk beristirahat.
Inilah persembahan terbaik percepatan Pembangunan yang dilakukan oleh Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE Bupati perempuan pertama sepanjang sejarah Indonesia Bagian timur. (BNN_01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *