Telaah Sejawat, Inspektorat Dompu Ke Inspektorat Kota Bima

Bimantika.net Hari ini Senin 4 Juli 2022 Pihak Inspektorat Kabupaten Dompu mendatangi Inspektorat Kota Bima.

Kepala Inspektorat Kota Bima Drs. H. Azhari, M. Si yang di wawancara khusus media online Bimantika Menyebutkan bahwa kehadiran Inspektorat Kabupaten Dompu ke Inspektorat Kota Bima Untuk menjawab tuntutan para pemangku kepentingan akan kualitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Menurut Azhari bahwa Inspektorat Kota Bima sebagai sebagai salah satu anggota Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) turut mendorong dilakukannya program penjaminan dan pengembangan mutu.

Program penjaminan dan pengembangan mutu ini dilakukan oleh Inspektorat Daerah Kota Bima dilakukan melalui penilaian intern dan ekstern.

Masih menurut Azhari bahwa Program penilaian intern dilakukan melalui supervisi tersu-menerus dan penilaian secara periodik.

“Program penilaian ekstern dilakukan dengan telaah sejawat oleh APIP lainnya” ungkapnya.

Kegiatan telaah sejawat APIP lainnya ini sedang dilaksanakan oleh Inspektorat Kabupaten Dompu, yang menelaah Inspektorat Kota Bima.

Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan selama 5 (lima) hari kerja, mulai hari Senin, 4 Juli 2022 s.d. Jumat, 8 Juli 2022.

Azhari lebih jauh menjrlaskan bahwa Telaah sejawat (peer reviu) ini dimaksudkan untuk

  1. Melakukan penilaian terhadap efisiensi dan efektivitas organisasi APIP sesuai dengan visi, misi, tugas dan fungsinya, dan harapan pimpinan tertinggi organisasi;
  2. Menyatakan pendapat tentang kesesuaian aktivitas APIP dengan Standar Audit;
  3. Memberikan saran perbaikan kinerja APIP agar dapat memberikan nilai tambah kepada organisasi, dengan menjamin bahwa audit telah dilaksanakan oleh auditor yang berkompeten dan dilengkapi dengan pedoman kerja yang memadai.

Ruang lingkup telaah sejawat yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Dompu terhadap Inspektorat Daerah Kota Bima, yaitu:

  1. Kesesuaian visi, misi, tugas, dan fungsi dengan yang dimaksud standar,
  2. Penerapan praktik audit sesuai standar,
  3. Komposisi pengetahuan dan keterampilan dari auditor APIP,
  4. Kertas kerja dan teknik audit yang digunakan auditor,
  5. Harapan dari pemangku kepentingan,
  6. Nilai tambah yang diberikan audit internal,
  7. Proses tata kelola APIP.

Inspektorat Daerah Kota Bima mengharapkan penilaian yang dilakukan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Dompu dilaksanakan dengan obyektif, sehingga dapat menjadi “raport” atas kinerja Inspektorat Daerah Kota Bima selama ini. Hal tersebut penting untuk kami guna peningkatan kapasitas kami sebagai APIP di Pemerintah Daerah Kota Bima. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *