Seleksi ASN PPPK, Prioritas Bagi PPPK Tahap 1 dan 2 Yang Lampaui Passing Grade

Bimantika.net _Sabtu 18 Juni 2022, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) bersilaturrahim dengan Jajaran Guru K2 dan non K2.

Hadir dalam acara silaturrahim itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima Drs. H. Supratman, M. Ap, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima Drs. Taufiqurrahman, M. Ap dan ratusan Guru K2 dan Non K2.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima Drs. Taufiqurrahman, M. Ap yang dikonfirmasi media online Bimantika menyebutkan bahwa pertemuan itu adalah dalam rangka silaturrahim.

“Silaturrahim menjalin keakraban antara Pak Walikota HM Lutfi dan jajaran Dinas Dikbud Kota Bima khususnya dengan para Guru K2 dan Non K2” ujar Taufiqurrahman.

Lanjutnya dalam silaturrahim yang penuh dengan nuansa kekeluargaan itu, ada agenda-agenda urgen lainnya yang dibahas.

Diantaranya menurut Taufiqurrahman adalah soal Persiapan Guru PPPK tahap ke 3.

Menurutnya bahwa seleksi PPPK tahap ke 3 meliputi Penempatan sesuai dengan petunjuk dari pihak kementrian khusus yang nilainya melewati Passing Grade saat ikut PPPK tahap 1 dan 2.

“Nah di tahap ke 3 ini penempatan bagi para PPPK yang ikut tahap 1 dan 2 belum lulus namun nilainya melewati Passing Grade saat ikut PPPK tahap 1 dan 2, saat nya kita bahas penempatannya sesuai petunjuk kementrian pendidikan” ungkapnya

Selanjutkan adalah verifikasi peruntukannya untuk kompetensi latar belakang guru dan tes formasi dapodik.

“Insya Allah nasib para Guru ini kita selalu prioritaskan untuk sebuah kemajuan dunia Pendidikan Kota Bima” ungkapnya.

Dalam waktu satu dua hari ini, Taufiqurrahman mengaku akan segera ke pihak Kementrian Pendidikan Republik Indonesia dalam rangka konsultasi khusus pelaksanaan PPPK.

Hasil penelusuran Media Online Bimantika bahwa Menurut informasi dari Kemdikbud Republik Indonesia, bahwa guru yang lulus passing grade pada seleksi tahap 1 dan 2 serta belum mendapatkan formasi, akan ditempatkan di tempat tugasnya masing-masing.

Kemudian untuk seleksi verifikasi dalam PPPK tahap 3 ini, ada hal yang menjadi pertimbangan yaitu dimensi kompetensi pedagogik, professional, sosial, dan kepribadian.

Seleksi verifikasi tersebut baru akan dilakukan ketika guru sudah memenuhi nilai ambang batas dan telah mendapat formasi, serta terdapat sisa formasi.

Sehingga seleksi verifikasi bisa dilakukan pada saat seleksi yang kedua.

Selanjutnya adalah seleksi tes, yang mempertimbangkan dimensi kompetensi manajerial, teknis, dan sosial kultural.

Seleksi tes ini merupakan tahap setelah adanya seleksi verifikasi jika masih ada formasi yang tersedia. Maka peserta akan menjalani tes atau ujian. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *