Satintelkam Kawal ‘Fogging’ di Asrama Hingga Makopolres Dompu

jpn

Bimantika.net _Guna mencegah serta membasmi meluasnya pandemi Demam Berdarah Dengue (DBD) Polres Dompu melalui Satintelkam mengundang sekaligus mengawal Kegiatan Pengasapan ‘Fogging’ yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Dompu, Selasa (7/2/2023) sekira pukul 16.30 Wita.

Kegiatan yang dimaksud dilakukan tepat di Asrama sekaligus di lingkup Polres Dompu, mengingat wabah Demam Berdarah saat ini masih menjadi ancaman, sebab ini kaitan dengan kesehatan dan keselamatan seluruh keluarga besar Personil Polres di setiap satuan.

Hadir saat kegiatan antara lain, Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Hj. Maria Ulfa, S.St.,M.Kes., beserta Tim yang bertugas melakukan pengasapan.

Terkait kegiatan Kapolres Dompu, Iwan Hidayat, S.I.K., melalui Kasat Intelkam, Iptu Abdul Haris mengemukakan bahwa Kegiatan Pengasapan (Fogging, red) dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan mewabahnya pandemi DBD yang marak akhir-akhir ini.

“Fogging kerap yang terjadi pada musim hujan, salah satunya akibat dari gigitan nyamuk Aedis Aegypti,” tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk menangani jenis penyakit ini biasanya salah satu upaya yang dilakukan pencegahan Penyebaran adalah dengan Penyemprotan atau Fogging.

Lanjutnya, seseorang yang terkena DBD akan mengalami demam tinggi secara mendadak hingga mencapai suhu di atas 38 derajat celsius.

“Selain demam, penderita DBD bisa mengalami sakit kepala berat, nyeri otot, mual dan nyeri ulu hati, tanda-tanda perdarahan seperti mimisan, gusi berdarah, serta timbul bintik-bintik merah pada kulit,” bebernya.

jpn

Dengan demikian, sambungnya, sesuai arahan Kapolres, dihimbau juga pada warga agar mengikuti arahan medis untuk mencegah peredaran penyakit ini antara lain dengan cara 3 M, membersihkan, menguras, menutup tempat penampungan air.

“Jika ada indikasi atau gejala yang timbul, agar segera diperiksakan ke dokter atau ke rumah sakit terdekat,” ujar Kasat menutup keterangannya.

Kegiatan Pengasapan Fogging dalam rangka membasmi dan mencegah demam berdarah, berakhir Pada Pukul. 17.30 Wita, Situasi aman lancar san Kondusif. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *