Paket Bantuan untuk Warga Terdampak Kebakaran Desa Renda Disalurkan

Bimantika.net _Memasuki hari keempat kebakaran yang melanda Desa Renda Kecamatan Belo, sejumlah kegiatan penanganan tanggap darurat dilakukan antara melakukan pendataan dan menyaluran bantuan logistik maupun bantuan tunai di Posko tanggap darurat dan bantuan yang diserahkan kepada para korban bencana kebakaran.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima M.Chandra Kusuma AP Kamis (5/5) mengungkapkan, Tim telah melakukan pemasangan tenda dan meletakkan WC portable untuk ditempatkan di lokasi pengungsian dan menyediakan konsumsi melalui dapur umum yang berlokasi di Posko Lapangan.

Upaya lain yang dilakukan adalah melakukan pembersihan lokasi pengungsian, mengarahkan korban terdampak untuk menempati tenda pengungsi yang di posko lapangan, melakukan trauma healing, pemeriksaan kesehatan, dan Penyaluran air bersih serta distribusi konsumsi kepada masyarakat. Ungkapnya.

Selain dukungan pengarahan 231 personil lintas instansi, sejumlah logistik peralatan telah disalurkan antara lain, dua ton beras dari Dinas Ketahanan Pangan, 300 paket bantuan BPBD kabupaten Bima berupa terpal, sarung, mie instan dan air mineral.

Bantuan tanggap darurat juga diserahkan oleh Kepala Seksi Logistik BPBD NTB berupa 275 paket berupa Mie instan air mineral, terpal, Selimut dan sarung.

Demikian halnya 209 item bantuan dinas Sosial Kabupaten Bima berupa peralatan dapur, makanan anak, kitchenware, kasur, terpal, selimut, dan pakan sandang. Terkumpul juga tiga karung pakaian dari Dinas Kelautan dan Perikanan dan 185 paket bantuan dari SMP Negeri 1 Monta berupa pakaian, tikar, makanan ringan. Bantuan juga diberikan dinas Dukcapil kabupaten Bima berupa Identifikasikan dokumen administrasi kependudukan.

Tidak ketinggalan juga bantuan Telkom, Tagana Kota Bima, Angkatan 98, DPR RI, Yayasan Langkah Bersama, IBI, Muhammadiyah Bolo, Komunitas Sabua Ade, Bank Bias Woha, DLH dan Pramuka.

Pada tanggal 4 Mei 2022, bantuan uang tunai yang masuk Rp. 9,3 juta dari komunitas sedekah Jumat Depok, Adi Wahyudin dan toko bangunan serta organisasi Pramuka dan Paskibraka.

Sebelumnya, bantuan berasal dari Bupati Bima senilai Rp. 61 juta, agen BRILink Rp.7 juta, Komunitas Pedagang Bawang Merah (KPBM) Makassar Rp. 13,4 juta, Keluarga Renda Belo Rp. 6,8 juta, Harwoto Rp 2,5 juta, Adi Wahyudin Rp. 2,5 juta,

Alumni 93 SMPN 2 Belo Rp 1,5 juta dan beberapa donatur lain sehingga total Rp. 102,4 Juta bantuan uang tunai yang terkumpul”. Tandasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *