Langkah Cepat dan Tepat Walikota HML Tangani Korban Banjir

Bimantika.net Keberpihakan Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) pada warga masyarakat Kota Bima yang dipimpinnya sungguh sangat nampak disaat warga membutuhkannya.

“Walikota hadir di saat Warga membutuhkannya adalah obat psikologis bagi masyarakat berdampak banjir luapan” demikian ungkap Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kota Bima M. Rafi’in, SE Saat di mintai pendapatnya soal gerakan cepat Walikota HML dalam menyapa warga korban banjir luapan sungai.

Untuk diketahui publik bahwasannya sejumlah areal permukiman warga di Kota Bima terdampak luapan air sungai yang diakibatkan curah hujan yang tinggi dan merata di sejumlah wilayah Kota Bima pada Minggu (28/11/2021) sore kemarin.

Atas bencana luapan air sungai itulah sekitar pukul 14.21 WITA minggu sore. Walikota Bima HML bergerak cepat langsung meninjau sejumlah lokasi yang berdampak.

Walikota HML pum turun lokasi secara langsung didampingi Dinas PUPR dan BPBD serta lurah setempat guna memastikan langkah-langkah apa yang jitu dan pas untuk menangani bencana banjir luapan tersebut.

Pada Minggu sore itu, Walikota HML langsung meninjau beberapa titik pada pukul 15.30 WITA. Antara lain lingkungan lewijambu, kelurahan Santi, jembatan raba Salo penaraga, Lingkungan Salama kelurahan pane, lingkungan gilipanda kelurahan Sarae, jembatan kelurahan Jatiwangi dan Jatibaru timur.

“curah hujan yang tinggi dua hari berturut-turut berdampak pada beberapa sungai meluap dan air masuk ke lahan pertanian dan lahan pemukiman warga. Ini tentu harus ada solusi terbaik dan menjadi sebuah tanggung jawab kita bersama, pemerintah akan mencari solusi terbaik untuk masyarakat yang terdampak banjir luapan sungai,”ujar Walikota HML.

Walikota HML pun tidak tinggal diam dengan adanya duka sejumlah warga masyarakatnya.

“Tidak mungkin kita tinggal diam dengan duka warga, makanya saya selaku Walikota Bima terus berikhtiar mencari soalusi termasuk kerja sama dengn Wold Bank 2022 dalam rangka penuntasan saluran drainase perkotaan” ungkapnya.

Selain dirinya lakukan lobi tingkat tinggi dengan sejumlah pihak diantaranya Wolrd Bank, Mantan Anggota DPR RI Dua Periode ini pun memiliki harapan kesadaran kolektif seluruh warga untuk selalu jaga kelestarian Alam dan Hutan.

Walikota HML tidak hentinya berharap pada jajaran pemerintahan hingga sampai tingkat RT untuk saling ingatkan dalam hal pelestarian alam dan hutan.

“Disamping langkah konkrit perbaikan saluran drainase perkotaan, saya harap kepada seluruh lurah untuk menginstruksikan kepada RT wilayah terdampak untuk segera melaporkan melalui e-Lapor berapa masyarakat yang terdampak di wilayahnya dan akan langsung ditindak lanjuti melalui command centre” demikian Ujar Walikota HML.

Sedangkan untuk jangka pendek saat ini Walikota HML melakukan sentuhan langsung dalam hal memberikan bantuan sembako pada warga yang berdampak banjir.

“langkah jangka pendek ini sifatnya membantu meringankan beban warga berdampak banjir, namun langkah besarnya adalah insya Allah 2022 kita sudah lakukan komunikasi dengan Wold Bank untuk pembenahan seluruh sistim drainase perkotaan” demikian tegas Walikota HML. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *