Kota Bima Terima Penghargaan Pembangunan Terbaik se- NTB

Bimantika.net Pemerintah Kota Bima menerima penghargaan Kota Terbaik Pembangunan Daerah Tahun 2021 dari Pemerintah Propinsi NTB.

Penerimaan Penghargaan itu berlangsung Kamis 31 Maret 2022 di hotel Lombok raya saat Musrenbang Propinsi NTB.

Dalam acara Prosesi penyerahan penghargaan pembangunan terbaik 2021 tersebut langsung di terima oleh Sekda Kota Bima.

Sekda Kota Bima Drs. H. Mukhtar Landa, MH yang di wawancara media online Bimantika menyebutkan bahwa Kota Bima di beri penghargaan pembangunan terbaik 2021 karena memang ada penilaian tim Propinsi NTB soal Pembangunan di seluruh Wilayah NTB.

“Alhamdulillah Kota Bima di beri penghargaan Pembangunan Terbaik se Propinsi NTB, dan saya mewakili Pemkot Bima yang menerima penghargaan dari Gubernur NTB tersebut” Ujar Sekda.

Sekda menyampaikan pula bahwa pihak Propinsi NTB memberikan penilaian Terbaik Pembangunan dengan berbagi kriteria dalam penilaian akselarasi pembangunan dan tentu adanya managemen yang baik dari Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML).

“Ini semua adalah berkat arahan komando strategis yang dilakukan oleh Pak Walikota Bima selama ini sehingga Kota Bima menjadi Terbaik Se NTB soal pembangunan” demikian ujar Sekda.

Penghargaan ini diberikan karena pencapaian Kota Bima yang dinilai unggul sebagai daerah yang memiliki perencanaan daerah yang baik.

Penilaian ini didapat dari empat indikator yakni indikator pertama Capaian kinerja pembangunan ekonomi makro berupa pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, angka pengangguran, gini koefisien, IPM, usia harapan hidup dan indeks pelayanan publik.

Indikator kedua, Kota Bima dinilai tepat waktu dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah. Indikator ketiga yakni kedalaman dan substansi dari RKPD berupa (1) keterkaitan program prioritas nasional, provinsi dan daerah; (2) keterkaitan program kegiatan dalam rangka mencapai indikator kinerja utama dan kinerja daerah; (3) kesesuaian antara program dan kegiatan dengan tema RKPD yang diusung.

Hadir dalam Acara Musrenbang Propinsi NTB tersebut Gubernur NTB DR. Zulkieflimansyah, M. Sc dan Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M. Pd serta seluruh Perwakilan Pemkot dan Pemkab se Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Acara tersebut di kemas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi NTB untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) NTB tahun 2023 digelar di Mataram, Kamis (31/3/2022).

Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, M.Sc. meminta kepada para bupati, wali kota, dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta seluruh jajarannya untuk meningkatkan sinergitas.

Bang Zul sapaan akrab Gubernur NTB mengajak para bupati dan wali kota se NTB untuk saling menguatkan sinergi serta menyelaraskan seluruh dinamika agar pembangunan di setiap kabupaten kota kita dengan pembangunan pada tingkat provinsi dan nasional berjalan dengan baik sesuai dengan planning.

Bang Zul yang didampingi Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah serta isterinya Hj. Niken Saptarini Widyawati. juga meminta agar Indikator kinerja kerja yang belum tercapai sekitar 27 persen harus jadi target bersama.

“Ini semua adalah Demi percepatan penuntasannya pada tahun 2023 yang akan datang tentu untuk masyarakat NTB” ungkap Bang Zul. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *