Kompensasi Caleg di Partai Gerindra, Gaya Politik Modern Akomodatif

Bimantika.net _Salah seorang Bakal Calon Anggota DPRD Kota Bima Dapil Kecamatan Mpunda dan RasanaE Barat melalui Partai Gerindra, Muhammad Arifudin, S. Sos mengaku bahwa salah satu partai politik yang mengedepankan manajemen Modern akomodatif adalah Partai Gerindra.

Arifudin yang juga sebagai Pemimpin Perusahaan PT. Bimantika Multi Media merasa tertarik dengan pola dan manajemen Partai Gerindra yang sangat memperhatikan nasib para calon anggota legislatifnya yang bertarung di Pemilu 2024.

“Jarang ada Partai Politik yang membuat kesepakan yang akomodatif, satu-satunya Partai yang mau menjalankan pola akomodatif bagi seluruh Caleg nya adalah Gerindra” ujarnya.

Arifudin yang tercatat sebagai Ketua PAC Gerindra Kecamatan RasanaE Barat Kota Bima Periode 2022-2027 ini ungkapkan bahwa kesepakatan yang diambil oleh Gerindra untuk Akta Notariskan seluruh Kesepakatan Para Caleg adalah langkah tepat di era sistim politik proporsional terbuka seperti saat ini.

“Saya pribadi tentu akan bekerja keras dalan rangka meraih suara sebanyak-banyaknya, karena sistem akomodatif Partai yang tentunya tidak menelantarkan kadernya” ujar Arifudin.

Ketua DPC Gerindra Kota Bima yang juga Anggota DPRD Kota Bima Dua Periode Khalif Bin Walid mengaku optimis Gerindra Kota Menangkan Pemilu 2024 di Kota dengan adanya arahan DPD Gerindra NTB membuat kesepakatan kompensasi pada seluruh Caleg di Kota Bima.

“Atas arahan Sekretaris DPD Gerindra NTB, kami yakin bahwa Gerindra Menangkan Pemilu 2024 di Kota Bima” ujar Walid.

Informasi adanya kesepakatan yang akomodatif itu pasca Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra NTB hari ini Senin 14 November 2022 Menggelar Roadshow di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Bima.

Sekretaris DPD Gerindra NTB, Ali Usman Alkhairy dalam Roadshow nya ke DPC Gerindra Kota Bima banyak memberikan arahan politik nya jelang Pemilu 2024 baik Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Anggota Legasilatif.

Sebagai Sekretaris DPD Gerindra NTB, Ali menjelaskan bahwa secara organisatoris DPD Gerindra NTB putuskan penerimaan Bakal Calon Anggota DPRD Kota dan Kabupaten serta Propinsi NTB dimulai 10 November hingga 10 Desember 2022.

“Satu bulan Proses pendaftaran ini diharapkan DPC Kota Bima lakukan gerakan-gerakan politik dalam rekruitmen bacaleg” ujar Ali.

Ali mengaku bahwa khusus DPC Kota Bima tantangan paling besar dengan kompleksitas parpol yang banyak

“Meskipun demikian kita dari awal lakukan pemetaan -pemetaan dalam menentukan bacaleg seluruh NTB” ujarnya.

Ali juga membeberkan bahwa DPD Partai Gerindra NTB sudah menetapkan ketentuan-ketentuan dalam kebersamaan dalam ikut kompetisi Calon Anggota DPRD Kota Bima.

“Kita sudah tetapkan bahwa di Gerindra ada kompensasi Para Caleg yang melampaui suara sesuai kesepakatan namun tidak lolos jadi Anggota Dewan, kompensasi itu tertuang dalam kesepakatan masing-masing DPC” ujarnya.

Ali mencontohkan misalnya di DPC Kota Bima yang mendapatkan suara diatas 500 maka Dewan yang dilantik akan menyerahkan dana pokirnya untuk yang calon yang gagal namun memenuhi standar suara di atas 500 suara tersebut.

“Kesepakatan itu ditandatangani bersama para Caleg serta di Akta Notariskan sehingga berkekuatan hukum” ungkap Ali.

Langkah ini diambil oleh Gerindra sebagai wujud membesarkan partai Gerindra di NTB, dan sebagi bentuk Politik Kemanusiaan yang di terapkan di Partai Gerindra.

“Jangan biarkan kawan-kawan menderita yang ikut menyumbang suara saat pileg namun belum tembus menjadi Anggota Dewan, maka Gerindra punya pilihan Politik Kemanusiaan” demikian ungkap Ali.

Setelah selesai memberikan sejumlah informasi penting dari DPD Gerindra NTB pada DPC Gerindra Kota Bima, Rombongan DPD Gerindra NTB menuju Kantor DPC Gerindra Kabupaten Bima dan Dompu.

Sebelum meninggalkan Kantor DPC Gerindra Kota Bima, Ali yang tampil penuh familiar tersebut mewanti-wanti pada Ketua DPC Gerindra Kota Bima untuk Tidak pungut biaya dalam pendaftaran Calon Anggota DPRD Kota Bima.

“Jangan bebankan para Caleg dan ingat bahwa di Gerindra tidak memungut Biaya pendaftaran Caleg” ungkap Ali yang disambut Kalimat “Siap Laksanakan” oleh Ketua DPC Gerindra Kota Bima Khalid Bin Walid.

Ali pun memberikan waktu pada Ketua DPC Gerindra Kota Bima bahwa Akhir Desember 2022 seluruh Bakal Caleg DPRD Kota Bima sudah selesai 100 porsen daftar Bakal Calon Anggota DPRD Kota Bima.

Karena menurutnya setelah Desember selesai semua berkas Bakal Calon Anggota DPRD Kota dan Kabupaten se NTB akan menyelenggarakan hajatan besar Hari Ulang Tahun Partai Gerindra 6 Pebruari 2023. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *