Kerja Cerdas Walikota HML, Kota Bima Wakili NTB untuk PPD ke Tingkat Pusat

Bimantika.net Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan kegiatan rutin dari Kementerian PPN/Bappenas sejak Tahun 2012 yang sebelumnya bernama Anugerah Pangripta Nusantara kepada Pemerintah Daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik.

Sejak Tahun 2018, penghargaan tersebut berubah nama menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

Proses penilaiannya lebih komprehensif dengan tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga pencapaian pembangunan Daerah.

Tujuan penilaian ini adalah agar dokumen perencanaan pembangunan daerah lebih berkualitas.

“Artinya perencanaan yang dilaksanakan dapat aplikatif sesuai dengan kaidah peraturan perundang-undangan yang berlaku” ungkap Walikota HML.

Lanjut Mantan Anggota DPR RI Dua Periode ini bahwa Aspek kualitas dokumen RKPD ini juga tak luput dari penilaian, karena adanya keterkaitan antara dokumen perencanaan lain seperti RKP Nasional dan RPJMD Kota Bima yang sudah ditetapkan serta dokumen lain yang relevan.

Masih menurut Walikota HML bahwa Selain itu, konsistensi antar bab dalam dokumen serta kelengkapan, kedalaman dan keterukuran perencanaan dalam dokumen juga perlu diperhatikan dalam peningkatan kualitas dokumen RKPD.

Kota Bima di tahun 2022 ini mengikuti penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) ini diselenggarakan di aula Kantor Walikota Bima dan dilakukan secara ketat mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Dalam kesempatan itu Walikota HML menyebutkan flashback dari tahun sebelumnya dimana Pemerintah Kota Bima menempati posisi 15 besar Nasional.

Kini Pemerintah kembali optimis untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya di ajang penghargaan tersebut dengan lebih memfokuskan pada indikator yang menjadi PR utama yang diantaranya ialah Pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan PDRB per kapita; indeks pembangunan manusia (IPM); serta dukungan program prioritas daerah RKPD 2021 terhadap kegiatan prioritas pada prioritas Nasional Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan RKP 2021.

“Dengan mensinergikan pelayanan berbasis teknologi akan memudahkan tujuan Pemerintah Daerah Kota Bima dalam menjangkau masyarakatnya dengan lebih cepat dan tepat” ungkap Walikota HML disela-sela tim Penilai PPD di Aula Kantor Pemkot Bima Kamis 10 Pebruari 2022

Koordinator Perencana Pembangunan Kota dan Kabupaten Provinsi NTB Dr. Adi Purnawan menyampaikan bahwa Penilaian Penghargaan Daerah (PPD) merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat (Bappenas) kepada Pemerintah Daerah berprestasi dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan mencapai target-target pembangunan di daerah.

Hal itu pula yang melatarbelakangi Pemerintah Kota Bima dalam memperoleh Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021

Bagi Pemerintah Pusat, PPD memperkuat koordinasi dan sinkronisasi untuk perencanaan pelaksanaan pembangunan nasional dan pembangunan daerah.

“Kedatangan kami merupakan rangkaian penilaian tahapan kedua, untuk itu kami mencoba melihat indikator penilaian yang bisa diverivikasi,” ujarnya.

Disampaikan pula bahwa Kota Bima adalah satu-satunya yang mewakili NTB dalam pelaksanaan penilaian tersebut. Semua hal-hal yang diunggah Kota Bima akan diverifikasi dan ada nilai plus yang bisa dibawa ke tingkat nasional pada tahun 2022. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *