Kecelakaan Bus Safari Dharma Raya Serempet Pengendara Motor

jpn

Bimantika.net -Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K, melalui Kapolsek Manggelewa, Iptu Ramli, SH gerak cepat mengambil tindakan usai menerima laporan insiden Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) antara Roda Empat, dalam hal ini Bus Antar Kota Antar Propinsi Safari Dharma Raya dengan Roda Dua, Motor Supra, Sabtu (20/5/2023) sekira pukul 13.30 siang, waktu setempat.

Mendapat informasi terkait peristiwa, Kapolsek Ramli keluarkan himbauan dan langsung memerintahkan anggota piket SPKT agar segera ke lokasi untuk memeriksa Tempat Kejadian Perkara (TKP), membantu mengevakuasi korban serta mengambil tindakan-tindakan antisipatif lainnya.

“dikabarkan pengendara motor sempat terlempar keluar badan jalan,” ungkap Kapolsek saat menyampaikan keterangannya.

Dalam paparannya Kapolsek menyebutkan, peristiwa nahas itu tepatnya di jalan lintas Sumbawa-Dompu Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu.

“di mana BUS AKAP Safari Dharma Raya dengan Nopol DR 7168 IC yang dikemudikan oleh Andi Purwanto, usia sekitar 45 tahun, warga asal Semarang, Jawa Tengah,” paparnya.

Lanjutnya, saat melaju, BUS jurusan Bima-Jawa itu diduga menyerempet sepeda motor merk Honda Supra tanpa Nopol yang dikendarai YI (22) berboncengan ibunya SU (53),Asal Dusun Pade Suke Desa Kampasi Meci Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu.

Lebih lanjut, tutur Kapolsek, menurut keterangan Saksi di TKP, bahwa Mobil penumpang Safari Dharma Raya dari arah Dompu menuju arah Sumbawa mau menyalip sebuah Mobil Bus kecil di depannya. Namun pada sa’at menyalip tiba-tiba pintu belakang garasi Mobil Bus penumpanng tersebut terbuka.

“pintu bis terbuka, sehingga mengakibatkan dan tidak terkendalinya langsung menyerempet motor Honda Supra yang dari arah sumbawa menuju Dompu,” jelas Kapolsek.

Sehingga, sambungnya, Korban pengendara SPM R2 tersebut terlempar keluar dari jalan aspal dan mengakibatkan Korban mengalami Luka berat beserta Ibunya yang di bonceng korban.

Akibat kejadian tersebut, terang Kapolsek, kedua Korban mengalami Luka Robek serius di bagian dahi dan lecet. Dengan kondisi tersebut, Anggota Polsek Manggelewa dibantu warga langsung mengevakuasi kedua korban ke Rumah Sakit Pratama Manggelewa untuk mendapatkan perawatan medis.

Terkait laka lantas, Kapolsek Ramli menghimbau para pengguna jalan agar berhati-hati saat berkendara, melengkapi alat pelindung diri seperti Helm dan surat-surat kendaraan.

Kapolsek juga meminta, agar pengguna jalan memperhatikan situasi dan kondisi jalan, “apabila jalan ramai atau di tikungan sedianya dapat memperhatikan menurunkan laju kendaraannya dan terutama laju kendaraan lain,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *