Kapolres Dompu Pastikan Bulan Suci Ramadhan Kondusif, Kerahkan Seluruh Personil dan Jajaran

jpn

Bimantika.net -Sejak sidang Isbath, pertanda dimulainya Ibadah Bulan Suci Ramadhan didengungkan, Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., memerintahkan seluruh jajarannya mulai dari Lingkup Polres hingga Polsek se Polres Dompu, sesuai fungsi Satuan masing-masing.

Dalam hal ini, Kapolres meminta agar Jajaran Polres serentak menggelar kegiatan razia penertiban hingga pengamanan di waktu-waktu riskan serta di tempat-tempat rawan selama Bulan Suci Ramadhan 1444 H, 2023 M.

Kapolres Iwan Hidayat mengemukakan, ia ingin memastikan bahwa pelaksanaan Ibadah Puasa Ramadhan di tahun ini berjalan khusyuk, aman dan kondusif bebas dari berbagai bentuk gangguan.

“Kepolisian harus hadir melayani masyarakat selama ibadah bulan puasa dengan mengerahkan segala kemampuan sesuai fungsi satuan masing-masing,” pinta Kapolsek dalam keterangannya, Selasa (28/3/2023) siang pukul 12.30 Wita.

Menyangkut kegiatan, Kapolres juga menekankan agar seluruh jajaran bergerak secara masif, kompak serta komprehensif di seluruh Wilayah Hukum Polres Dompu, bahkan di sudut-sudut desa dan kelurahan.

“Seluruh anggota harus kompak dilakukan secara bersama-sama gitu, tidak henti-hentinya dan itu dilakukan setiap hari tanpa putus di 81 desa dan kelurahan, bahkan di lebih dari 300 Masjid serta Mushala di Kabupaten Dompu,” tandasnya.

Sejak perintah itu diturunkan, terbukti dalam sepekan terakhir, termasuk di hari ke-5 ibadah puasa, jajaran Polsek se Polres Dompu berhasil men-counter berbagai potensi gangguan selama Ramadhan yang meliputi.

Razia Knalpot Bising

Sebagaimana diketahui, jauh-jauh hari sebelum Ramadhan, Razia Knalpot Racing yang digelar serentak oleh Jajaran Polsek se Polres Dompu berhasil mencopot puluhan Knalpot yang bermasalah.

Razia Mercon atau Petasan

Seperti dikabarkan, antara lain jajaran Polsek berhasil menggerebek gudang Penyimpanan Mercon, tepatnya di Dusun Selaparang, Desa Matua, Minggu (26/3/2023) kemarin.

Hasilnya, ratusan ribu biji Petasan berbagai jenis dan merk berhasil disita dan diamankan bersama dengan pemiliknya (baca: terduga pelaku).

Razia Miras hingga Narkoba

Kolaborasi Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Dompu, dibantu Personil Polsek berhasil mengungkap, menggeledah sekaligus mengamankan barang haram berupa Miras dan Obat-obatan terlarang.

Sisanya, berbagai kegiatan dan operasi yang digelar secara patroli juga gencar dilakukan jajaran Polres hingga Polsek baik sejak sebelum bahkan hingga berakhirnya Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Kegiatan Patroli yang dimaksud meliputi Patroli Pengawalan Ibadah Shalat Taraweh, Patroli Cegah Curat & Curat, Patroli Penertiban Jam Malam berkaitan dengan Surat Edaran Bupati Dompu bahkan
Patroli Subuh.

Untuk itu, kembali Kapolres menghimbau khususnya pada seluruh lapisan masyarakat khususnya yang beragama Islam agar sama-sama menciptakan suasana kondusif demi terlaksananya Ibadah Puasa yang berfaedah.

“Selamat menjalankan ibadah Puasa,” pungkas Kapolres. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *