Kadis Dikes : Kota Bima Tangani Stunting Lintas Sektoral

Bimantika.net _Aksi nyata lintas sektoral Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Bima dalam menangani Stunting mulai nampak.

Atas arahan langsung Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) soal penanganan Stunting ini sehingga antar OPD pun bersinergitas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Ahmad, S. Sos yang di wawancara khusus media online Bimantika pada hari Kamis 24 Juli 2022 menyebutkan upaya-upaya kolaborasi tangani Stunting di Kota Bima.

“Pak Walikota HM Lutfi sudah instruksikan kepada beberapa OPD termasuk Dinas Kesehatan untuk melakukan koordinasi lintas sektoral dalam rangka penanganan Stunting di Kota Bima” ujar Ahmad.

Lanjutnya bahwa Kolaborasi Lintas Program,
Kolaborasi Lintas Sektoral tersebut antara lain Bappeda, Dinsos, DPPKB, DP3A, Diskanlut, BKP, Dikbud, Koperindag, Canat dan Lurah.

Yang menjadi fokus dalam penanganan Stunting ini menurut Ahmad tentang penganggaran, asupan Gizi seimbang, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, pelayanan kesehatan, Penanganan Ibu dan Anak, pelayanan KB. PIK Remaja, pemenuhan vitamin dan tablet tambah darah untuk Remaja dan lainnya.

“Bahkan MoU dengan pihak Pengadilan Agama terkait dengan Edukasi pada pernikahan muda dan pernikahan anak,
Ini juga salah satu upaya utk menurunkan Stunting, AKI, AKB” demikian ujar Ahmad mengakhiri wawancaranya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *