Kabag Prokopim : Pemkab dan Pemkot Bima Selalu Sinergitas Dalam Membangun, Berikut Kerjasamanya

Bimantika.net _Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Kabupaten Bima, Suryadin, S.S, M. Si yang diwawancara ekslusif oleh Media online Bimantika hari ini 5 Mei 2022 atas Beredarnya informasi dari salah satu media lokal Bima bahwa tidak bisanya kerjasama Pemerintah Kabupaten Bima dan Pemerintah Kota Bima di bantah oleh nya.

“Tidak ada istilah tidak bisa kerja sama Pemkot dan Pemkab Bima, kami nilai selama berdirinya Pemkot Bina tetap bersinergitas” ungkapnya.

Bentuk Sinergitas Pemkab dan Pemkot Bima adalah adanya kerjasama menggunakan fasilitas Pemkot oleh Pemkab Bima.

“Bukannya mengunakan fasiltas Rumah Potong Hewan (RPH) milik kota ini sebagai bentuk peduli pemimpin daerah dalam berkolaborasi” ujar Yan Sapaan akrabnya.

Lanjutnya bahwa sinergi antara dua pemerintahan daerah itu banyak jenis dan konteksnya serta selalu ada acuan terkait apa dan bagaimana bentuk kerjasama yang diinginkan.

Masing-masing pemerintah daerah terikat oleh visi dan misi yang dijabarkan dalam RPJMD yang harus dijalankan oleh masing-masing pemerintah daerah.

“Jika ada yang bisa dikolaborasikan ada asas yang dikedepankan, antara lain harus saling menguntungkan dan tidak menjadi masalah dikemudian hari, baik secara teknis maupun politik” demikian Ungkapnya.

Ia mencontohkan Misalnya dalam peningkatan keterampilan, para calon tenaga kerja yang berdomisili di kota Bima bisa memanfaatkan LLK Jatiwangi untuk pelatihan.

Jika ada gagasan kerjasama sektoral seperti peternakan, hal ini dimungkinkan, yang penting ada komunikasi yang dibangun dengan baik antara pihak swasta dengan pemerintahan daerah melalui Dinas terkait untuk membangun kesepahaman.

“Jika itu memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat kedua daerah, tentu akan disambut dengan baik” demikian ujarnya.

Bahkan menurutnya LLK sudah lama digunakan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan calon tenaga kerja dari kota.

“Yang terakhir, pada kasus limbah Teluk Bima, karena Kabupaten Bima belum memiliki Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) maka pengujian sampel limbah dilakukan pada unit milik Pemkot Bima. Jadi bisa dimungkinkan jika ada komunikasi yang baik” demikian ujarnya.

Menurut Suryadin bahwa ada lagi yang penting Pemkab Bima dan Pemkot Bima sudah punya MoU tentang penanggulangan kebakaran dimana mobil Pemadam kota Bima membantu Kabupaten Bima dan sebaliknya jika ada kebakaran.

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bima Amiruddin Iba, S. Sos yang di konfirmasi Media Online Bimantika menyebutkan Bahwa dirinya yang membuat MoU terkait dengan Kerjasama Pemkab dan Pemkot Bima Khusus Penanggulangan Bencana Kebakaran.

“Itu sekolah khusus saya saat saya Dilkat Pim di Makassar sehingga saya terapkan kerjasama penanggulangan bencana kebakaran” ujar Mantan Aktivis 98 ini. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *