Jum’at Curhat, Polsek Hu’u dan Woja Kompak Lakukan Hal Yang Sama Ditempat Berbeda

Bimantika.net _Meski beda tempat dan mungkin berbeda selisih waktu, momentum Jum’at Curhat tak disia-siakan oleh Dua Petinggi Kepolisian Sektor, Lingkup Polres Dompu, siapa lagi kalau bukan Kapolsek Hu’u dan Kapolsek Woja.

Kapolsek IPDA Sumaharto misalnya, usai laksanakan shalat Jum’at di Mesjid Nurul Iman Dusun Tenga, Desa Marada, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, ia bersama personil sekaligus menyerahkan bantuan semen sekaligus mengajak para jama’ah untuk sama-sama menjaga Sitkamtibmas, Jum’at (6/1/2023) sekira pukul 13.00 Wita.

Pada kegiatan bertajuk “Jum’at Curhat” ini Kapolsek mendapat masukkan mengenai maraknya aktifitas remaja yang mengendarai motor secara ugal-ugalan disertai suara bising dari knalpot racing, belum lagi bentuk kenakalan remaja lainnya.

“Kalau biasa agar kegiatan patrolinya di tingkatkan lagi pada saat orang malaksanakan ibadah Sholat Magrib ataupun Sholat Isyah karna kebanyakkan anak muda yang menggunakan kendaraan Roda Dua atau Sepeda Motor kebanyakkan menggunakan knalpot Racing,” ujar Amiruddin di hadapan Kapolsek beserta personil.

Menanggapi hal tersebut, Kapolsek menyebutkan bahwa terkait dengan kenakalan remaja, seperti pencurian, perkelahian, penyalahgunaan Narkoba dan tindak pidana lainnya Kapolsek meminta kepedulian tokoh-tokoh masyarakat.

“Peran aktif para tokoh sangat diperlukan untuk bersatu padu dengan kami pihak kepolisian untuk mengurangi bahkan kita hilangkan kebiasaan buruk remaja tersebut,” tutur Kapolsek.

Ia berharap kepada seluruh element masyarakat untuk membantu dan mendukung kami dalam mengemban amanah undang-undang ini, agar tercipta situasi aman, damai, tentram khususnya di wilayah Kecamatan Hu’u.

Usai memberi arahan dan berdialog dengan para Jama’ah Masjid Nurul Iman, Kapolsek Hu’u menyerahkan bantuan semen di sebanyak 10 sak kepada pengurus BKM Mesjid Nurul Iman, yang diterima langsung oleh ketua BKM H. Abdul Manan.

Sementara di tempat terpisah, Personil Polsek Woja dipimpin Kapolsek juga menggelar kegiatan serupa, yakni di Masjid Al Aziz Desa Matua, Kabupaten Dompu.

Di kesempatan yang penuh berkah itu, Kapolsek Woja IPDA Zainal Arifin, S.Ip menyampaikan bahwa kehadiran Kepolisian tak lain untuk mempererat Silaturahmi sekaligus Curhat dengan masyarakat Desa Matua.

“Kegiatan ini dalam rangka memberikan sosialisasi dan himbauan kepada Masyarakat terkait maraknya kenakalan remaja,” tutur Zainal Arifin.

Karena itu, ia meminta kepada seluruh kalangan masyarakat yang ada di Desa Matua agar sama-sama menjaga Kamtibmas mengingat ini merupakan momentum Tahun Baru 2023.

“Kami meminta kepada masyarakat yang mempunyai anak agar selalu memantau dan mengawasi anaknya masing-masing untuk tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain,” lanjut Zainal.

Lebih lanjut Kapolsek mengutarakan, “Kami pihak Kepolisian tidak bisa mengawasi sepenuhnya anak-anak remaja dan Masyarakat di wilayah Kec. Woja karena kami anggota Polsek Woja hanya mempunyai anggota 34 orang saja sementara di Kec. Woja ada 14 Desa Kelurahan dan jumlah masyarakat puluhan ribu jiwa,” tandasnya.

Terkait kehadiran dan arahan Kapolsek menyikapi Kamtibmas melalui kegiatan Jum’at Curhat kali ini, mendapat respon dan tanggapan positif dari para pemuka agama.

Mereka menyampaikan apresiasi sekaligus rasa bangga atas kehadiran aparat di tengah masyarakat khususnya saat menjalankan ibadah Shalat Jum’at bersama warga. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *