HML Tokoh Pembangunan, Berikut Persembahannya 2022 Untuk Rakyat Kota Bima

Bimantika.net tidaklah berlebihan Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) dijuluki sebagai Bapak Pembangunan Kota Bima.

Betapa tidak, Kota Bima di bawah Kepemimpinan Walikota HML mampu bangkit untuk membangun sarana prasarana Publik di tengah tersedotnya APBD untuk keperluan Covid-19.

Ada beberapa Karya dan Torehan Walikota HML di Masa Kepemimpinannya sebut saja Pembangunan Puskesmas Paruga, Mpunda dan Kumbe yang berdiri Kokoh.

Pembangunan Command Center menuju Smart City, Pembangunan Taman Kodo, Pembangunan Gedung Perpustakaan, Pembangunan Sayap Kantor Walikota, Bantuan Pembangunan Masjid Se Kota Bima, Pembangunan Pantai Lawata dan Kolo.

Pembangunan RTH Rontu dan Rabadompu, Pembangunan Taman Lapangan Pahlawan, Percantik Kota Bima dengan Lampu Hias Jembatan, Pembangunan NSD Kedo, Pembangunan Jembatan Penyebrangan Mande, Pembebasan Lahan Lapangan Volley Mande, Pembuatan CCTV di Tempat Strategis, Pembagian HP Android seluruh RT se Kota Bima, Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni yang menyebar di setiap kelurahan,

Pembangunan Masjid Nur Latif Lingkup Pemkot Bima, Pembangunan Masjid Agung Al Muwahiddin serta Pembangunan Masjid dan Musholla se Kota Bima menjadikan Walikota HML sebagai tokoh dan figur Keummatan dan sosok yang mendalami Spiritualitas serta Sejumlah Pembangunan Lainnya untuk Kemaslahatan Warga Masyarakat Kota Bima.

“Kita tidak boleh duduk diam berpangku tangan dengan kondisi seperti ini, karna beda Anggaran 5 tahun lalu dengan saat ini yang banyak tersedot oleh penanganan Pandemi Covid-19” ujar Walikota HML saat di hubungi media Online Bimantika Selasa 8 Pebruari 2022.

Tahun 2022 ditengah keterbatasan Anggaran, Walikota HML mempersembahkan beberapa item pembangunan Sarana dan Prasarana publik untuk Warga Masyarakat Kota Bima.

Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan Infrastruktur Bappeda Kota Bima, Arief Roesman Effendy, ST.,MT., M. Sc saat dikonfirmasi media Online Bimantika Selasa 8 Pebruari 2022 membeberkan sejumlah pembangunan di Kota Bima yang tertuang dalam APBD Kota Bima Tahun anggaran 2022.

Menurut Arief Sesuai dengan arahan RKPD kota Bima 2022 maka terdapat beberapa program strategis yang akan diimplementasikan dan telah dianggarkan dalam APBD Kota Bima.

“Ini tentunya sebagai bukti nyata komitmen H. Muhammad Lutfi dalam membangun Kota Bima” ungkap Arief.

Masih menurut Arief Beberapa program strategis tersebut antara lain :

  1. Lanjutan pembangunan masjid Agung Al Muwahiddin Bima dengan angaran 10 M.
  2. Penanganan banjir melalui pembangunan bangunan perkuatan tebing dan pintu air yang tersebar di berbagai kelurahan, pembangunan check Dam di Ntobo dan Sambinae serta rehabilitasi beberapa embung. Juga pembangunan dan pemeliharaan saluran drainase yg tersebar di Kota Bima. Juga pembangunan sumur resapan di setiap kelurahan yang rawan banjir.
  3. Penataan kawasan wisata Lawata, Kolo dan batas Kota Niu.
  4. Penyediaan air bersih dan peningkatan jaringan perpipaan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.
  5. Pembangunan jembatan Ntobo, mekar Baru dan Kendo.
  6. Peningkatan jalan Kumbe-Kadole, Sambinae-Bedi, dan pemeliharaan ruas jalan kota secara tersebar.
  7. Peningkatan kualitas RTLH 50 unit dan pembangunan Baru RTLH 75 unit.
  8. Rehab Kantor Camat Rasanae Timur, kantor Lurah Tanjung, Nungga dan Jatibaru. Pembangunan kantor lurah Kodo dan Ule.
  9. Lanscape sayap kantor.
  10. Dukungan operasional IAIN Bima
  11. Peningkatan pelayanan RSUD Kota Bima dan penguatan sistem kesehatan daerah.
  12. Peningkatan sarana dan prasarana sekolah usia dini dan pendidikan dasar.
  13. Rehab Gedung BLK.

“Itu adalah Persembahan Walikota Bima H. Muhammad Lutfi dalam Oembangunan di tahun 2022 ini, dan masih banyak proyek lainnya, karena ini yang fantastis saja yang saya uraikan ini” ujar Arief menutup wawancaranya dengan Media Online Bimantika. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *