Bupati IDP Harap PHD Maksimalkan Pelayanan Jemaah Haji

Bimantika.net _Setiap musim ibadah haji, beberapa orang terpilih menjadi Petugas Haji Daerah (PHD) dan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Kabupaten Bima.

Mereka akan memberikan pendampingan kepada seluruh jamaah haji yang berasal dari Kabupaten Bima selama berada di Tanah Suci.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE (IDP) melalui Kepala Bagian Prokopim Kabupaten Bima, Suryadin, S.S, M. Si menyebutkan Kalau dari Pemkab Bima Tim Petugas Haji Daerah (PHD) Hanya Kabag Kesra.

“Tugas PHD Melakukan koordinasi keberangkatan dan pemulangannya Jemaah, memastikan pelayanan kepada para jemaah berjalan baik, membantu mengatasi masalah yang dihadapi Jemaah selama ibadah haji berlangsung” ujar Yan sapaan akrab Suryadin.

Melalui Kabag Prokopim Pemkab Bima Bupati IDP meminta agar para petugas haji benar-benar memberikan kenyamanan dan perlindungan para jamaah.

Lebih hususnya untuk menghindari gesekan akibat saling menyalahkan cara ibadah antar jamaah.

“Yang perlu mendapat perhatian adalah kenyamanan hati jamaah haji. Karena biasanya jamaah itu punya guru, yang biasanya (punya cara ibadah yang beda-beda), sehingga kadang menjadi bahan olok-olokan (perdebatan). Ini harus diterangkan oleh petugas haji. Boleh kok seperti ini, (cara ibadah) ini diperbolehkan, hajinya juga mabrur” ujar Yan.

Atas arahan dan bimbingan PHD itu, Sehingga jamaah haji bisa ibadah khusyuk, tidak menyalahkan antar jamaah haji.

Yan menambahkan, saat ini petugas haji khusus kabupaten Bima ada di Penginapan Hotel Mahbas Jin 106 dan mereka sudah melakukan Tawaf dan Sa,i.

Yan berkeyakinan bahwa Kabupaten Bima sudah siap. Karena yang menjadi PHD sudah memahami agama, sehingga nanti fungsi perlindungan ibadah selama di Mekah bisa ditangani mereka dengan baik.

Masih menurutnya bahwa Bupati IDP juga meminta agar petugas haji juga memperhatikan beberapa hal lain, salah satunya adalah masalah kesehatan jamaah haji. Hal ini terutama karena ibadah haji tahun 2022 merupakan ibadah haji pertama yang digelar sejak pandemi Covid-19.

“Ibu Bupati berharap kepada PHD beliau meminta jika ada yang sakit, segera berikan penanganan khusus” ujar Yan. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *