Bupati IDP Galang Penghijauan Antisipasi Kerusakan Alam

Kunjungan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE (IDP) dan Wakil Bupati Drs. H. Dahlan M.Noer yang didampingi Kadis Lingkungan Hidup Ir. Jaidun, Kepala Pelaksana BPBD M. Chandra Kusuma AP, Camat Lambitu Abdul Hafid S.Sos (11/2) secara khusus melakukan penghijauan dengan penanaman beberapa jenis pohon buah di areal tegalan Kebun Percontohan Tanaman Buah seperti kelengkeng, durian dan mangga serta tanaman buah lainnya pada areal seluas 1 ha di Desa Kuta Kecamatan Lambitu.

Menurut Bupati, kerusakan lingkungan hutan di wilayah hulu seperti kecamatan Lambitu dan beberapa kecamatan lainnya akan langsung berdampak pada terjadinya bencana banjir an tanah longsor yang akan menimpa warga masyarakat yang tinggal di daerah hilir hingga teluk Bima.

“Oleh karena itu kegiatan penghijauan di wilayah-wilayah tersebut perlu terus-menerus dilakukan bersama masyarakat agar keberadaan hutan sebagai penyangga kehidupan dapat kembali berfungsi “. Ungkap Bupati.

Di lokasi penghijauan tersebut, Bupati juga secara khusus melakukan briefing kepada sejumlah personil Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOLPP) yang bertugas di kecamatan Lambitu. “Personil Satpolpp sebagai garda terdepan pengamanan kebijakan kepala daerah harus turut serta bersama elemen masyarakat lainnya melakukan penyelamatan lingkungan dan melarang perusakan hutan sebagai sumber kehidupan”. Tegas Bupati.

Selain melakukan kegiatan penghijauan, Bupati dan Wabup juga melakukan inspeksi kondisi infrastruktur jalan dan jembatan di sepanjang ruas menuju kecamatan tersebut.

Terkait deker yang mengalami kerusakan akibat diterjang banjir di areal So Loko Leu desa Kuta, Bupati langsung menginstruksikan kepada Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bima Ir. H. Nggempo MMT untuk melakukan perbaikan.

“Ruas jalan tersebut akan diperbaiki dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2022 dan mulai dilakukan ditender dalam beberapa hari ke depan”. Kata Kadis PU. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *