AMBD Sulawesi Selatan Gelar Aksi : “Bebaskan 10 Pendemo di Bima NTB”

Bimantika.net _Hari ini Selasa 17 Mei 2022, Aliansi mahasiswa Bima Dompu Sulawesi Selatan (AMBD) Sul-Sel Gelar Aksi di Makassar Sulawesi Selatan dengan tuntutan utama Bebaskan rekan-rekan 10 Mahasiswa Pendemo di Bima NTB yang saat ini di Tangkap Polres Bima saat lakukan Aksi Demonstrasi.

Menurut Korlap Aksi, Farden bahwa Indonesia adalah negara yang mengunakan sistem politik demokrasi sehingga Sagala sesuatu yang bersangkutan dengan kebijakan negara harus diputuskan melalui jalan musyawarah dan mufakat.

Untuk itu menurutnya pemerintah mulai dari eksekutif, legislatif maupun yudikatif harus bertindak sesuai amanat undang-undang.

hal senada disampaikan oleh Jendral Lapangan Aksi Vhirus menyampaikan beberapa hari yang lalu telah terjadi tindakan represif yang dilakukan oleh aparat kepolisian dalam hal ini Kapolres kabupaten Bima terhadap aliansi mahasiswa dan masyarakat Monta selatan serta menahan 10 massa aksi Tampa landasan hukum yang jelas.

Mengingat aksi demonstrasi adalah bagian dari bentuk mengekspresikan pendapat dimuka umum sesuai bunyi UUD 1945 pasal 28 yang berbunyi tentang “kemerdekaan Berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat” dan UU no 9 tahun 1998 tentang.

“Mengingat Kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum maka kami dari aliansi mahasiswa Bima Dompu Sulawesi Selatan (AMBD) Sulsel mendesak Kapolres kabupaten Bima untuk segera menindaklanjuti tuntutan kami” ujarnya.

Ada beberapa tuntutan masa Aksi antara lain

  1. Cabut status tersangka 10 massa aksi dari aliansi mahasiswa dan masyarakat Monta selatan.
  2. Bebaskan 10 massa aksi aliansi mahasiswa dan masyarakat Monta selatan.
  3. Tangkap dan adili oknum polisi yang melakukan tindakan represif terhadap massa aksi aliansi mahasiswa dan masyarakat Monta selatan.
  4. Merealisasikan segala tuntutan aliansi mahasiswa dan masyarakat Monta selatan (amanat)

“Jika dalam tempo dua hari DPR Sulsel tidak segera mengkordinasikan tuntutan tersebut maka KamI akan pastikan Makassar akan kembali menyala” demikian ujar Jendlap Aksi. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *