Akbar : Selamatkan Laut Dari Timbunan Liar, Desak Polres Bima Kota Usut Penimbun Laut

Bimantika.net _Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau, dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.

Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik

Hutan Mangrove umumnya tumbuh dilahan dimana terjadi endapan lumpur dan zat-zat organik akibat gerusan aliran air dari berbagai tempat yang bermuara pada lokasi yang menjadi tempat tumbuhnya hutan Mangrove.

Hutan mangrove menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam.

Direktur LSM LPPK NTB, Akbar, S. IKom geram dengan terjadinya penimbunan laut di areal wilayah teluk Bima khususnya di Kelurahan Tanjung Kecamatan RasanaE Barat Kota Bima.

Menurut Akbar bahwa
Kerap kali Terjadi Penimbunan bibir laut dan Penebangan Pohon mangrove Diwilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil

“Kali ini temuan kami Diwilayah kelurahan tanjung Rt 10 RW 04” ujar Akbar.

Menurutnya Penimbunan Tersebut tidak mengantongi izin dan pembabatan Pohon mangrove sangat merusak kelestarian Dan itu sangat melanggar undang undang yang berlaku di negara republik Indonesia.

“Dan Perbuatan menimbun bibir laut adalah Perbuatan Melawan Hukum (PMH)” tegas Akbar.

Akbar menjelaskan dalam Waktu dekat Akan melaporkan dan Aksi Demontrasi Sesuai Pelanggaran Undang undang yang dilanggar Oleh pihak yang melakukannya.

“Segera pihak Polres Bima Kota usut dan tuntaskan kasus penimbunan laut di Kelurahan Tanjung” desak Akbar. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *